PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Gencarkan Restocking, Tanggulangi Merosotnya Populasi Ikan Danau Batur

Jumat, 19 Agustus 2016

00:00 WITA

Bangli

3396 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Mulai meningkatnya kegemaran masyarakat makan ikan, tentunya akan berimbas pada pasokan ikan itu sendiri. Untuk tetap menjaga populasi ikan khususnya di Danau Batur agar tetap tersedia, diperlukan langkah preventif. Salah satunya caranya, dengan terus menggencarkan melakukan restocking berupa penebaran benih. Pasalnya, sejak belakangan ini ditenggarai penangkapan ikan oleh nelayan semakin tak terkendali.  Demikian disampaikan, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Darat Bangli I Wayan Sukartana, Jumat (19/8/2016) saat dihubungi usai melakukan penebaran benih di Danau Batur.

Penebaran benih yang dilakukan saat itu, sebanyak 15.000 ekor di perairan danau Batur, tepatnya di wilayah desa Kedisan, Kintamani. Hadir juga saat itu, Wabub Bangli Sang Nyoman Sedana Arta.  Menurut Wayan Sukartana, seringnya penebaran benih ikan dilakukan karena adanya kekhawatiran populasi ikan mulai mengalami penurunan. Salah satu pemicunya, kata dia, akibat penangkap ikan sering tidak memperhitungkan ukuran ikan yang layak untuk dikonsumsi. "Belakangan populasi ikan berkurang, bisa kita ketahui dari turunnya hasil tangkapan nelayan. Ini,akibat penangkapan yang tak terkendali. Tidak perperhitungkan besir kecilnya ikan tersebut,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Sukartana, perlu adanya pengelolaan sumber daya yang lebih berhati-hati. Disamping mengeruk potensi yang ada, nelayan juga perlu perlu menggeliatkan langkah pelestarian, salah satunya dengan restocking. "Penebaran benih perlu terus dilakukan. Jangan hanya mengandalkan pemerintah saja. Masyarakat juga mempunyai tanggungjawab untuk tetap menjaga habitat dan populasi ikan dengan turut serta melakukan restocking,” sebutnya.

Secara terpisah, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyebutkan restocking perlu dilakukan oleh semua pihak untuk tetap menjaga populasi ikan itu sendiri ditengah meningkatnya minat masyarakat makan ikan. Hal ini juga untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama bagi nelayan. "Restocking harus terus dilakukan untuk tetap menjaga kelestariannya. Jangan hanya mengeksploitasi saja,” tegasnya.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\