PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Sekda Karangasem Membuka Rapat Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Pendataan Penduduk

Rabu, 23 Oktober 2024

20:07 WITA

Karangasem

1303 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Membuka Rapat Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Pendataan Penduduk Karangasem

Karangasem, suaradewata.com- Guna memberikan gambaran detil terhadap arah kebijakan Pendataan Penduduk Karangasem yang akan diimplementasikan oleh seluruh Kepala Wilayah (Perangkat Desa) dan Kepala Lingkungan se-Kabupaten Karangasem secara berkelanjutan melalui penguatan regulasi, proses dan mekanisme pembiayaan dalam anggaran desa, Dinas Kominfo Karangasem menggelar kegiatan rapat teknis, terkait rencana pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Pendataan Penduduk Karangasem, yang berlangsung di Aula Dinas Kominfo, Selasa (22/10/2024).

Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta, usai membuka secara resmi kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Perbekel di Karangasem tersebut menyampaikan, betapa pentingnya dari sebuah data yang saat ini banyak disebut sebagai jenis keyaan baru yang sangat berharga. Dengan demikian hemat dia, pengambilan kebijakan yang dilakukan melalui asumsi, menjadi tidak relevan untuk saat ini, sehingga harus didasarkan dengan basis data yang akurat.

Menyadari bahwa data merupakan jantung dari setiap perencanaan pembangunan, maka dengan data yang akurat, komprehensif” dan terintegrasi, kita dapat merumuskan serta mengimplementasikan kebijakan dan program pembangunan yang tepat sasaran, mengalokasikan anggaran secara efektif dan efisien serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” urainya menekankan materi.

Dengan demikian, data statistik harus mampu menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan (trend) yang akan terjadi pada masa datang, menentukan prioritas dalam perencanaan, sebagai acuan dalam evaluasi dan pengendalian kegiatan, serta untuk memperkirakan antisipasi terhadap resiko dan hambatan yang akan dihadapi dalam proses pembangunan, sehingga lebih tepat sasaran, bermanfaat untuk dibagipakaikan, serta berkelanjutan.

Kebijakan dan inovasi daerah terhadap Pendataan Penduduk Kabupaten Karangasem dilaksanakan untuk memperoleh data keluarga yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan melalui proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, penyimpanan serta pemanfaatan data dan informasi kependudukan yang dipusatkan kedalam sistem yang mencakup keseluruhan data masyarakat, sebagai “Karangasem Pusat Data”.

“Satu Data dari Desa menjadi solusi tepat dan sangat representatif untuk mengetahui kondisi sosial masyarakat secara nyata dan up to date,” ucapnya tuntas, seraya mengatakan pihaknya sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan rapat teknis tersebut sebagai langkah strategis dalam membenahi tata kelola data kedepan melalui optimalisasi peran Pemerintah Desa dalam penyelenggaraan statistik desa yang berkelanjutan.

Kebijakan Pendataan Penduduk Karangasem ini bukan hanya sekedar mengumpulkan angka-angka semata, melainkan sebagai upaya untuk memahami lebih dalam mengenai potensi, kondisi, dan kebutuhan masyarakat. “Melalui data ini, kita dapat mengidentifikasi kelompok masyarakat yang membutuhkan perhatian khusus, memetakan potensi sumber daya manusia, serta merancang program-program pembangunan yang sesuai dengan karakteristik yang ada di Kabupaten Karangasem,” pungkasnya.nov/rls/adn


Komentar

Berita Terbaru

\



PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Presiden Prabowo Dihormati Pemimpin Dunia