PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Kelola Penyebaran Informasi, Mahasiswa Undiksha Dilatih Soal Protokol Dan Kehumasan

Rabu, 09 Oktober 2024

08:31 WITA

Buleleng

1687 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Pelatihan kehumasan dan protokol kepada mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Senin, (7/10).

Buleleng, suaradewata.com - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan bersama Kasubag Protokol Setda Kabupaten Buleleng, Made Agtya Kusumayudha memberikan pelatihan kehumasan dan protokol kepada mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Senin, (7/10).

Dalam pemaparannya, Kadis Suwarmawan menjelaskan, Hubungan Masyarakat (Humas) untuk mengelola penyebaran informasi antara individu dan masyarakat. Selain itu, humas itu sendiri salah satunya melaksanakan persuasi kepada publik untuk menjadikan sikap dan tingkah laku publik berubah.

Humas juga memiliki tugas pokok untuk menciptakan kesan yang baik, menyediakan informasi yang akurat, menciptakan ketertarikan publik, bertanggung jawab dalam memberikan penjelasan publik, dan sebagai ahli yang dapat memberikan masukkan untuk lembaga.

“Secara umum, persamaan jurnalistik dan humas adalah sama-sama dibidang komunikasi dan secara teknispun sama-sama dituntut memiliki keterampilan yang sama, khususnya menulis. Namun yang membedakan terletak pada ruang lingkupnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kasubag Protokol Setda Kabupaten Buleleng, Made Agtya Kusumayudha mengatakan protokol merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dalam negara, pemeritah maupun masyarakat.

Pihaknya menyampaikan bahwasannya, protokol mempunyai konsep dasar dalam suatu kegiatan di pemerintahan. "Terdapat 3 poin penting yang menjadi landasan kita bertugas di protokol yakni tata tempat, upacara, dan penghormatan. Ini tidak bisa dipisahkan agar jalannya acara supaya efektif dan efisien," ujarnya.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama, Undiksha Singaraja, Komang Setemen mengucapkan terima kasih kepada kedua narasumber yang hadir dan mengisi kegiatan pelatihan protokoler dan kehumasan di Undiksha Singaraja bahwasannya protokol dan humas merupakan salah satu pelayanan yang sangat penting yang harus dilakukan.

"Pelatihan hari ini bukan semata-mata untuk mendengarkan, melainkan memperkuat kehumasan dan protokoler. Ini merupakan langkah awal bagi kita semua untuk melakukan perubahan terhadap pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat," tutupnya. Sad/red


Komentar

Berita Terbaru

\



PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Presiden Prabowo Dihormati Pemimpin Dunia