PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Fraksi PDIP Tekankan Optimalisasi PAD dan Pembangunan Prioritas pada Ranperda APBD 2025

Rabu, 18 September 2024

21:59 WITA

Tabanan

1334 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Fraksi PDIP Tekankan Optimalisasi PAD dan Pembangunan Prioritas pada Ranperda APBD 2025

Tabanan, suaradewata.com – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tabanan menyoroti pentingnya optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pembangunan berkelanjutan dalam pandangan umumnya terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD tahun anggaran 2025 dan perubahan APBD 2024. Pandangan tersebut disampaikan Ketua Fraksi PDI Perjuangan, I Putu Eka Putra Nurcahyadi, dalam rapat paripurna di ruang rapat DPRD Tabanan, Rabu (18/9/2024).

Dalam pandangan umum tersebut, Nurcahyadi menekankan bahwa upaya peningkatan PAD adalah tanggung jawab bersama. Fraksi PDI Perjuangan mendukung langkah-langkah inovatif untuk mengoptimalkan PAD, termasuk pemanfaatan aset daerah, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta pemberdayaan potensi lokal.

 

“Kami mendukung penuh program-program yang bertujuan meningkatkan PAD, salah satunya melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam monitoring dan evaluasi. Hal ini penting untuk mencegah kebocoran pendapatan,” ujar Nurcahyadi.

Selain itu, Fraksi PDI Perjuangan juga menyoroti pentingnya pemetaan berkala terhadap objek pendapatan, serta melibatkan tenaga profesional dalam proses pengelolaan keuangan daerah.

Dalam hal belanja daerah, Fraksi PDI Perjuangan meminta agar fokus tetap pada program-program prioritas yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah, termasuk pembangunan infrastruktur, peningkatan layanan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik. Nurcahyadi menyatakan bahwa fokus pada skala prioritas ini akan mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tabanan.

“Kami berharap rancangan APBD 2025 dan perubahan APBD 2024 dapat selaras dengan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), serta menerapkan prinsip good governance dalam pengelolaannya,” tambahnya.

Fraksi PDI Perjuangan juga menyatakan persetujuannya agar Ranperda APBD 2025 dan perubahan APBD 2024 dibahas lebih lanjut sesuai mekanisme di DPRD. Nurcahyadi berharap, APBD tersebut dapat mempercepat tercapainya visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Tabanan yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM).

 

“Kami optimis APBD ini akan mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tabanan,” tutupnya. ayu/yok


Komentar

Berita Terbaru

\