PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Paripurna DPRD Bangli Tetapkan Pembentukkan AKD, PDIP "Sapu Bersih" Posisi Ketua

Kamis, 19 September 2024

07:58 WITA

Bangli

1364 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Rapat paripurna pembentukan dan penetapan alat kelengkapan dewan (AKD), Rabu (18/9/2024). SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Sehari pasca pelantikan pimpinan DPRD Bangli, agenda rapat paripurna Dewan Bangli berlanjut dengan pembentukan dan penetapan alat kelengkapan dewan (AKD), Rabu (18/9/2024). Alhasil, PDI Perjuangan (PDIP) menunjukan dominasinya. Pasalnya, semua posisi Ketua AKD di DPRD Bangli disapu bersih oleh kader PDIP.  

Hal ini diakui langsung Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika saat ditemui usai memimpin rapat. Kata dia, hasil rapat menunjukkan untuk jabatan ketua AKD, semuanya ditempati kader PDIP. Sementara untuk posisi wakil ketua terutama untuk komisi dijabat oleh kader-kader Golkar dan partai lainnya. “Yang menentukan pimpinan AKD adalah masing-masing anggota dari AKD itu sendiri. Dalam hal ini, pimpinan DPRD hanya memfasilitasi,”katanya.

Lanjut Suastika, setelah terbentuknya AKD, pihaknya langsung bakal membahas verifikasi APBD Perubahan 2024 oleh Badan Anggaran (Banggar). "Kita langsung membahas verifikasi APBD Perubahan,. Waktunya telah mepet dan kedepan akan banyak libur karena hari raya Galungan," ujarnya.

Dalam rapat penetapan AKD, terdapat tiga komisi. Yakni, Komisi I diketuai Satria Yudha (PDIP) dan posisi Wakil Ketua ditempati I Wayan Sutama (Partai Golkar). Komisi II, diketuai I Ketut Mastrem (PDIP) dan di posisi Wakil Ketua ditempati I Nyoman Kartika (Partai Golkar). Sementara Komisi III, diketuai oleh I Wayan Merta Suteja (PDIP) dengan wakil ketuanya I Nengah Darsana dari Partai Golkar. 

Untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), diketuai oleh I Wayan Wirya dari PPDIP. Sementara untuk Badan Kehormatan (BK), diketuai oleh I Wayan Kariasa juga dari PDIP. Sedangkan Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus) secara exofficio dijabat oleh pimpinan DPRD. ard/ad 


Komentar

Berita Terbaru

\