PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

AA. Ngr. Panji Dharma Putra Anggota Paskibraka Di Ibu Kota Nusantara

Selasa, 03 September 2024

19:59 WITA

Buleleng

1379 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Anak Agung Ngurah Panji Dharma Putra. sumber foto : sad/SD

Buleleng, suaradewata.com- Anak Agung Ngurah Panji Dharma Putra, putra asal Kabupaten Buleleng anak dari pasangan Anak Agung Ngurah Saraswata dan Komang Gorsi Marhaeni berhasil terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional untuk upacara peringatan HUT RI ke-79 yang dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan dalam acara Bincang Komunikasi (B-Kom) di Gedung BCC Kominfosanti, pada Selasa (3/9/2024).

Pada kesempatan itu, diungkapkan bahwa Anak Agung Panji mendapatkan kehormatan untuk bergabung dalam Tim 17, yang bertugas menurunkan bendera pada upacara kenegaraan di Nusantara. Perjalanan Anak Agung menuju Paskibraka Nasional tidaklah mudah. Proses seleksi dimulai di tingkat kabupaten Buleleng, dimana sebanyak 200 peserta bersaing untuk menjadi wakil daerah mereka. Dari proses seleksi yang ketat, hanya lima pasang peserta yang berhasil melaju ke tingkat provinsi Bali.

Setelah melalui seleksi lanjutan di tingkat provinsi, satu pasang putra dan putri terbaik terpilih untuk mewakili Bali dalam seleksi nasional yang berlangsung di Jakarta. Di sana, para peserta menjalani serangkaian tes kesehatan, psikologi, dan wawancara. Anak Agung akhirnya terpilih sebagai salah satu wakil dari Bali, bersama satu peserta lainnya.

Motivasi Anak Agung untuk bergabung dengan Paskibraka adalah untuk mewujudkan cita-cita serta membanggakan orang tua. "Saya sudah mempersiapkan diri secara fisik dan mental sejak SMP, dengan rutin mengikuti kegiatan fisik serta menjaga pola makan dan istirahat yang cukup," ujarnya.

Anak Agung juga mengungkapkan kebahagiaannya bisa bertemu dengan rekan-rekan dari 38 provinsi di seluruh Indonesia. "Ini adalah kesempatan berharga untuk menambah pengalaman dan memperluas pertemanan dengan teman-teman dari berbagai daerah," tambahnya.

Sebelum bertugas di Nusantara, seluruh anggota Paskibraka mengikuti masa pelatihan dan orientasi lingkungan selama satu bulan di Jakarta. Setibanya di Nusantara, mereka melanjutkan latihan intensif selama dua minggu sebagai persiapan menghadapi kondisi lingkungan dan cuaca di lokasi upacara.

Dengan semangat dan tekad yang kuat, Anak Agung Ngurah Panji Dharma Putra sukses menjalankan tugas sebagai anggota Paskibraka Nasional pada upacara kenegaraan HUT RI ke-79, yang menjadi peristiwa bersejarah pertama di Nusantara, ibu kota baru Indonesia.sad/adn


Komentar

Berita Terbaru

\