PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Siap Gelar Tanah Lot Art & Food Festival #5, DTW Tanah Lot Pilih Tema Ini

Jumat, 16 Agustus 2024

10:19 WITA

Tabanan

1490 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Tabanan, suaradewata.com - DTW Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, kembali menggelar event yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat. 

Tanah Lot Art & Food Festival #5 tahun 2024, yang merupakan kelanjutan dari tema-tema Tanah Lot Festival sebelumnya, yang semuanya tentang kemuliaan dari Laut. Dan Tema yang diambil pada event kali ini, adalah Pancaka Tirta yang mempunyai makna, Menjaga dan Merawat Sumber Kehidupan. 

Event ini akan digelar mulai tanggal 23 hingga 25 Agustus 2024 dan diisi berbagai kegiatan menarik. "Sumber kehidupan yang dimaksud adalah Air atau Laut. Dan merupakan kewajiban kita bersama untuk menjaga dan melestarikan Laut beserta isinya, sehingga segala kesucian yang terkandung di dalamnya tidak ternoda, apalagi Laut di kawasan suci Tanah Lot, yang wajib di jaga kesakralannya, di tengah gempuran jaman yang bisa mengaburkan makna dan kepercayaan kita akan Taksu Laut sebagai penjaga Pura Luhur Tanah Lot," terang Manajer Operasional DTW Tanah Lot I Wayan Sudiana, Kamis (15/8/2024). 

Pancaka Tirta sendiri, terdiri dari 5 (lima) elemen Air, yaitu Tirta Kundalini (Air Pembuka Aura), Tirta Kamandalu (Air Pembangkitan), Tirta Pawitra (Air Kesempurnaan), Tirta Sudamala (Air Peleburan) dan Tirta Sanjiwani (Air Keheningan Jiwa). 

"Dengan Tema Pancaka Tirta ini, diharapkan agar Tanah Lot Art & Food Festival #5 ini akan bisa menjadi sebuah moment untuk kita semua, memaknai betapa pentingnya kita merawat Air atau laut sebagai sumber kehidupan, dimana didalamnya sudah terdapat semua unsur tentang makna kehidupan," lanjutnya.

Selain air, sumber kehidupan bisa juga dianalogikan sebagai Pura Luhur Tanah Lot, Khayangan Jagat, tempat Suci yang kita puja, sekaligus sebagai sebuah cahaya bagi kehidupan seluruh masyarakat, yang harus dijaga Taksu dan kesuciannya, sehingga akan bisa tetap memberikan berkah bagi masyarakat yang mencari nafkah di wewidangan atau wilayah Pura Luhur Tanah Lot. 

Ditambahkannya jika konsep Event pada TANAH LOT ART & FOOD FESTIVAL #5 ini, tetap menghadirkan dan melanjutkan konsep sebelumnya, dengan beberapa evaluasi. Dasar konsep adalah tetap mengangkat Seni budaya dan Kuliner Tabanan.

"Namun ada beberapa perubahan-perubahan yang kami buat pada event ini, baik dari segi design, rancangan acara maupun isian di dalamnya. Kali ini TANAH LOT ART & FOOD FESTIVAL #5 akan menjadi festival yang paling ditunggu banyak orang, penuh dengan hiburan, kuliner dan full design photoshoot untuk media sosial, Konsep All In One," bebernya dihadapan Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tabanan. 

Adapun konsep acara pertunjukkan pada dasarnya lebih mengutamakan Seniman Lokal Bali (I LOVE LOCAL), dan konsep pertunjukannya dibagi menjadi 2 (dua) SEGMEN, namun akan digabung menjadi satu kesatuan acara, yaitu: Segmen Pertama (10.00 wita - 18.30 wita) dengan Fokus utama pada segmen ini adalah untuk para Wisatawan yang berlibur atau berkunjung ke Tanah Lot. Segmen acara ini dimulai pada pukul 10.00 wita 18.30 wita atau berakhir saat sunset.

Di segmen ini, para wisatawan akan disuguhkan Seni dan budaya bali, mulai dari tarian, gambelan dan suguhan acara yang sifatnya sangat kental dengan Nuansa Bali. Juga akan ada Klinik Kuliner yang menyajikan tutorial cara membuat Kuliner Tradisional, baik itu olahan makanan utama dan jajanan tradisional, dengan pilihan Kuliner yang sudah sangat langka kita temui di masyarakat. 

Klinik ini sekaligus akan mempresentasikan Kuliner yang disajikan, memberikan tutorial cara memasak dan hasil akhirnya akan dibagikan secara gratis kepada para wisatawan. 

Konsep SUNSET IN PARADISE tetap dihadirkan sebagai Puncak dari Segmen yang pertama, sebagai sebuah suguhan puncak yang melibatkan ribuan orang dalam parade budaya, yang menampilkan Parade Gebogan diiringi barisan cak dan beleganjur, yang melewati jalan setapak dengan rute yang sudah ditentukan sepanjang kawasan DTW. Sehingga akan menambah daya tarik event di mata turis yang berkunjung ke Tanah Lot. 

Lalu segmen kedua (18.30 WITA -22.00 WITA) adalah Segmen acara yang lebih dominan menampilkan pertunjukan musik dan bebondresan, untuk dinikmati masyarakat umum. Segmen ini dimulai dari pukul 18.30 wita - 22.00 wita, yang pertunjukan utamanya digelar di area Panggung Utama Evening Market dan menghadirkan Seniman atau artis lokal yang menjadi idola masyarakat bali, seperti bondres, pentas musik artis lokal yang saat ini sedang naik daun atau High Rating, sehingga akan menjadi magnet yang kuat untuk menarik pengunjung. 

Konsep acara dan Konsep Tatanan Area, akan sangat berkaitan erat dan merupakan Kunci Kesuksesan untuk event ini. Keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain, saling terkait dan harus mempunyai porsi yang seimbang. Tahun ini, Konsep Tatanan Area akan dibuat lebih menarik, dengan layout yang dibuat penuh dengan daya tarik, yaitu tatanan area stand kuliner, klinil kuliner dan UMKM di area utama. 

Sesuai dengan judul event, TANAH LOT ART & FOOD FESTIVAL, Pengaturan stand-stand di area utama event akan sangat berpengaruh terhadap nilai Estetika event.

Stand-stand Kuliner khas Tabanan akan menjadi produk unggulan pada event ini dan dijamin menjadi magnet yang sangat kuat untuk pengunjung acara.

Puluhan Stand Kuliner yang merupakan kearifan lokal akan dilibatkan pada event ini. Ragam Kuliner khas Tabanan yang terseleksi akan bisa mengisi event festival ini, disamping juga beberapa produk kerajinan lokal yang juga ikut meramaikan. Tidak kalah menarik, akan disajikan juga Klinik Kuliner yang akan meramu kuliner tradisional Bali yang sudah langka kita temui di pasaran. ayu/adn


Komentar

Berita Terbaru

\