PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

High Level Meeting (P2DD) di Karangasem: Dorong Digitalisasi untuk Kemajuan Daerah

Minggu, 30 Juni 2024

20:25 WITA

Karangasem

1542 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

High Level Meeting (HLM) di Wantilan Sabha Prakerthi Kantor Bupati, Kamis (27/6/2024).

Karangasem, suaradewata.com- Kabupaten Karangasem mengadakan High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang dihadiri oleh Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah Bali, Kepala Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Jasa Keuangan Regional VIII Bali dan Nusra Otoritas Jasa Keuangan Perwakilan Provinsi Bali. Pertemuan berlangsung di Wantilan Sabha Prakerthi Kantor Bupati, Kamis (27/6/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Karangasem I Gede Dana menekankan pentingnya inovasi melalui digitalisasi di era globalisasi dan industri 4.0. "Digitalisasi mempermudah pelaksanaan pemerintahan daerah, terutama melalui Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD)," ujar Bupati Dana.

Kabupaten Karangasem telah mengoptimalkan pelaksanaan ETPD dengan penerbitan Perda No. 8 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah serta Instruksi Bupati No. 1 Tahun 2017 tentang Transaksi Non Tunai. Selain itu, TP2DD Karangasem dibentuk sesuai dengan Keputusan Bupati Karangasem No. 86/HK/2021 yang telah diperbarui dengan Keputusan Bupati No. 264/HK/2022.

Digitalisasi telah mempercepat pengoptimalan penerimaan pendapatan daerah dan penatausahaan belanja daerah. Hingga 31 Mei 2024, Kabupaten Karangasem mencatat penerimaan PAD sebesar Rp. 156,9 miliar dari target Rp. 347,9 miliar (45,09%). Realisasi pajak daerah mencapai Rp. 88,9 miliar dengan pembayaran non tunai (cashless) sebesar 100%, sementara realisasi retribusi daerah mencapai Rp. 3,78 miliar.

Salah satu program unggulan Karangasem adalah digitalisasi pajak MBLB (Minyak Bumi dan Lebih Banyak), di mana Karangasem merupakan satu-satunya kabupaten di Bali yang memiliki potensi MBLB terbesar. "Digitalisasi MBLB diharapkan dapat mengoptimalkan pemungutan pajak serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Dana.

Selain itu, Bupati Dana mendorong inovasi daerah dalam percepatan ETPD dan meluncurkan Kartu Kredit Indonesia (KKI) atau Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Ia berharap percepatan dan perluasan digitalisasi daerah dapat meningkatkan penerimaan PAD, pelayanan publik, pencegahan korupsi, serta partisipasi masyarakat dalam perekonomian daerah.

"Kami sangat mengapresiasi Bank Indonesia dan PT. BPD Bali atas dukungannya dalam pengembangan digitalisasi ETPD di Kabupaten Karangasem dan pelaksanaan HLM TP2DD ini. Kedepannya, kami akan mengembangkan digitalisasi daerah hingga ke pelosok desa dengan membangun desa digital," ujar Bupati Dana.

Sebagai penutup, Bupati Dana mengajak semua pihak untuk memulai kesadaran akan pentingnya taat dan patuh terhadap pajak daerah serta retribusi daerah melalui transaksi non tunai demi membangun Karangasem Era Baru yang Pradnyan, Kertha, Shanti, dan Nadi (Prakerthi Nadi).nov/rls/adn


Komentar

Berita Terbaru

\