PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

DTW Tanah Lot Perkuat Keselamatan Wisatawan dengan Tim Lifeguard

Rabu, 26 Juni 2024

12:42 WITA

Tabanan

1397 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Lifeguard yang bertugas setiap harinya di pantai Tanah Lot.

Tabanan, suaradewata.com - Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot di Kecamatan Kediri, Tabanan, kini meningkatkan langkah-langkah keselamatan dengan menyiapkan tim lifeguard di sejumlah titik strategis. Upaya ini bertujuan untuk memastikan keamanan wisatawan yang berkunjung ke destinasi populer tersebut.

Kepala Divisi Lifeguard DTW Tanah Lot, I Wayan Suwendra, mengatakan bahwa tim lifeguard disiagakan setiap hari untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan, baik saat air laut pasang maupun surut.

"Saat air laut pasang tanpa adanya pengawasan di pinggir pantai, wisatawan berisiko karena mereka mungkin tidak mengetahui situasi bahaya," ujarnya pada Rabu (26/6/2024).

Suwendra menjelaskan bahwa saat ini ada sembilan lifeguard yang bertugas setiap harinya di pantai Tanah Lot. Mereka bekerja dalam dua shift, pagi dan siang, untuk mengawasi titik-titik rawan di area Tanah Lot.

"Sebelum bertugas, lifeguard di Tanah Lot telah menjalani pelatihan selama tiga bulan di Pantai Kuta," tambahnya.

Beberapa tugas utama lifeguard di DTW Tanah Lot meliputi memastikan keamanan dan keselamatan pengunjung serta menyiapkan peralatan keselamatan seperti life jacket dan rubber boat. Saat ini, terdapat tiga unit rubber boat yang disiapkan: dua unit dari DTW Tanah Lot dan satu unit dari Satpolair Polres Tabanan.

"Kami juga berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk mengawasi semua titik rawan, terutama di Batu Bolong, pelaba Pura Tanah Lot, dan semua perbatasan pura," jelas Suwendra.

Selain itu, lifeguard akan memasang rambu atau larangan bagi wisatawan saat kondisi air laut pasang. Mereka juga akan menempatkan bendera merah sebagai penanda area yang tidak boleh dimasuki oleh pengunjung.

"Jika air laut pasang, kami menutup area pantai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Suwendra berharap jumlah lifeguard di Tanah Lot dapat ditambah karena tim lifeguard di Tanah Lot juga sering diperbantukan jika terjadi musibah di luar wilayah Tanah Lot.

"Kalau bisa, jumlah lifeguard ditambah. Satpolair sering meminta bantuan ke sini bila ada musibah di luar area Tanah Lot," ucapnya.

Dengan adanya tim lifeguard yang terlatih dan berkomitmen, diharapkan keamanan dan kenyamanan wisatawan di Tanah Lot dapat terus terjaga. ayu/adn


Komentar

Berita Terbaru

\