PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Komisi IV DPRD Tabanan dan Dinas Pendidikan Bahas Persiapan PPDB 2024-2025

Selasa, 14 Mei 2024

09:59 WITA

Tabanan

1397 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Rapat kerja untuk membahas persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024-2025, Selasa (14/5/2024). sumber foto : ayu/SD

Tabanan, suaradewata.com – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabanan bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan mengadakan rapat kerja untuk membahas persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024-2025. Rapat ini digelar di ruang rapat DPRD Tabanan pada Selasa (14/5/2024).

Ketua Komisi IV DPRD Tabanan, I Gusti Komang Gede Wastana, menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan PPDB agar proses penerimaan peserta didik berjalan dengan baik. "Disdik harus bekerja dengan maksimal dan sosialisasi harus dilakukan ke semua sekolah. Bagi sekolah juga harus betul-betul siap karena sistem PPDB online ini," ujarnya.

Wastana juga berharap para guru mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses penerimaan siswa melalui sistem zonasi, sehingga informasi PPDB dapat diterima dengan baik oleh seluruh siswa. "Harapan kami di Komisi IV, jangan sampai ada kendala, karena semua anak wajib sekolah apalagi yang disabilitas dan kurang mampu," tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, I Gusti Ngurah Darma Utama, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyusun tim persiapan PPDB 2024-2025 dengan tetap berkoordinasi dan bekerja sama dengan masyarakat. Disdik juga telah menyiapkan regulasi terkait pedoman dan teknis PPDB dari tingkat SD hingga SMP. "Kami melakukan penataan zonasi di tiap tingkatan sekolah berdasarkan usulan masyarakat. Kami juga melakukan rapat dengan masyarakat dan stakeholder terkait," jelasnya.

Darma Utama menjelaskan jumlah lulusan TK tahun ini sebanyak 7.422 siswa dengan daya tampung di SD sebanyak 8.960 siswa. Jumlah lulusan SD mencapai 5.645 siswa dengan 517 siswa berada di KK di luar Kabupaten Tabanan, sedangkan daya tampung siswa SMP mencapai 6.456 orang. Di Kabupaten Tabanan sendiri, jumlah lulusan SD mencapai 1.387 siswa dengan daya tampung 1.432 siswa, sementara lulusan SMP mencapai 5.614 siswa.

PPDB akan dilakukan melalui beberapa jalur pendaftaran, yaitu jalur zonasi (65 persen), jalur afirmasi (15 persen), jalur perpindahan orang tua/wali (5 persen), dan jalur prestasi (15 persen). Selanjutnya, terdapat sub-kategori berdasarkan nilai rapor (5 persen), sains (4 persen), olahraga (3 persen), dan seni budaya (3 persen). Pelaksanaan PPDB SD meliputi pendataan, pendaftaran, verifikasi, pengumuman, dan daftar ulang.

"PPDB SMP dimulai dari pendaftaran jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua. Selanjutnya pengumuman, pendaftaran jalur zonasi, pengumuman, dan daftar ulang," tambah Darma Utama.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan PPDB tahun ajaran 2024-2025 di Kabupaten Tabanan dapat berjalan lancar dan memenuhi harapan semua pihak. ayu/adn


Komentar

Berita Terbaru

\