PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Menpan RB Azwar Anas Meminta Melalui Digitalisasi Kinerja ASN Berdampak Ke Masyarakat

Selasa, 21 Mei 2024

11:07 WITA

Buleleng

1277 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Menpan RB RI, Abdullah Azwar Anas beserta rombongan berkunjung ke Kabupaten Buleleng, (20/5) sumber foto: sad/SD

Buleleng, suaradewata.com- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Abdullah Azwar Anas beserta rombongan berkunjung ke Kabupaten Buleleng diterima langsung Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, Sekda Buleleng, Kapolres Buleleng, Dandim 1609/Buleleng, anggota Muspida lainnya serta para SKPD pemkab Buleleng di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, pada Senin, (20/5/2024).

"Kunjungan kami ini dalam rangka memberikan motivasi dan inspirasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk berkinerja berdampak kepada masyarakat melalui digitalisasi." ujarnya

"Berkunjung ke Buleleng bukan semata-mata ingin melihat geliat pembangunan, namun lebih kepada pemberian motivasi dan cara kerja pemerintahan yang mengedepankan pelayanan efektif dan efisien kepada masyarakat." ucap Menpan RB yang akrab disapa Anas menegaskan.

Iapun menyampaikan menurut evaluasinya, reformasi birokrasi Pemkab Buleleng itu sudah bagus berdasarkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) kategori B. Dimana Buleleng ini, SAKIP-nya adalah B, brarti sudah bagus. 

"Namun kita harapkan hal ini bisa ditingkatkan lagi agar Buleleng bisa menjadi kabupaten yang bukan hanya pembangunan fisiknya bagus tapi pelayannya juga memuaskan untuk masyarakat,” terangnya.

Menpan Anas juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Buleleng atas capaian reformasi birokrasi (RB) tahun 2023 sebesar 80,56 dengan kategori A atau memuaskan. Berdasarkan data, pihaknya menerangkan capaian RB tersebut jauh lebih tinggi dari nilai rata-rata kabupaten/kota Nasional yakni sebesar 59,32. Terkait itu, pihaknya meminta seluruh ASN Pemkab Buleleng mulai merubah paradigma pembangunan dengan bergerak untuk reformasi birokrasi berdampak. 

“Ke depan kita tidak boleh lagi bekerja dengan banyak tumpukan kertas, bekerja lebih lincah dan cepat serta wajib menjalankan program berbasis kebutuhan masyarakat, seperti halnya kemiskinan, inflasi, kesehatan dan pendidikan. Saatnya merubah paradigma pembangunan,” tegas Menpan Anas.

Sementara itu, dalam sambutan selamat datang Penjabat (Pj.) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menpan Anas atas kesediaanya mengunjungi Buleleng ditengah-tengah kesibukan yang begitu padat.

Menurutnya kedatangan seorang menteri ke Buleleng merupakan suatu kehormatan bagi ASN Buleleng, semoga dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi peningkatan kinerja pegawai Pemkab Buleleng. 

“Hari ini kami hadir menyambut Bapak Menteri penuh antusias, ada 700 lebih ASN disini. Kami sangat berharap Bapak sedia memberikan motivasi dan inspirasi kepada kami untuk ke depannya dapat berkinerja lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Pj. Lihadnyana.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan bahwasannya Pemkab Buleleng telah melakukan berbagai program pembangunan yang berpedoman kepada arahan Menpan-RB sebelumnya. Seperti halnya tata kelola birokrasi Pemkab Buleleng diarahkan untuk memberikan dampak yang luas. Seluruh ASN selalu didorong untuk aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Kami telah membangun mall pelayanan publik di lantai III Pasar Banyuasri untuk memberikan pelayanan sekaligus dalam satu tempat. MPP ini kami bangun berdasarkan komitmen, integrasi, dan kerjasama,” ujarnya.

Ditambahkan, keberadaan MPP di Pasar Banyuasri nantinya akan dikembangkan lebih baik lagi guna memberikan pelayanan yang jauh lebih berkualitas, seperti halnya menjalankan program MPP mobile. Pj. Lihadnyana menyebutkan nanti akan ada armada khusus untuk mobilitas pelayanan MPP ke desa-desa sampai dengan ke pelosok wilayah Kabupaten Buleleng. sad/adn


Komentar

Berita Terbaru

\