PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Penyesuaian Tarif Masih Jadi Keluhan, Komisi III Gelar Raker Dengan PDAM

Kamis, 16 Mei 2024

19:00 WITA

Bangli

1441 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Raker komisi III DPRD Dengan PDAM Bangli. SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Komisi III DPRD Bangli menggelar rapat kerja dengan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli, Kamis (16/5/2024). Rapat tersebut dipimpin Ketua Komisi III DPRD Bangli, I Made Natis dihadiri anggota komisi III. Sedangkan dari Perumda Tirta Danu Arta dihadiri Direktur dan jajaran manajemen. 

Dalam rapat tersebut, anggota Komisi III mengaku mendapatkan berbagai aspirasi terkait penyesuaian tarif yang dilakukan Perumda. Yang mana, masyarakat masih keberatan atas penyesuaian tarif itu. “Penyesuaian tarif memang bisa dilakukan apalabila biaya produksi tinggi. Meman gada tuarannya, seperti Permendagri hingga aturan gubernur yang menetapkan batas atas dan batas bawah,”ujar anggota Komisi III, I Nengah Darsana. Namun demikian, lanjutnya, kenaikan tarif jangan sampai memberatkan masyarakat dengan memasang tarif yang tertinggi. “Kenaikan tarif harus terjangkau oleh masyarakat,”ujar politisi Partai Golkar ini.

Selain itu, Darsana juga menyinggung misi sosial (CSR) yang diberikan Perumda kepada masyarakat. Biasanya CSR diberikan dalam bentuk kesehatan, pengobatan gratis, kegiatan sosial pengentasan kemiskinan, bantuan sembako, dan sebagainya. Dari penjelasan Perumda, disebutkan, CSR tersebut sudah masuk pada tarif yang diberikan berupa subsidi. Hanya saja, Politisi partai Golkar itu meragukan jawaban dari pihak Perumda. Terlebih dari pihak Perumda tidak ada jawaban pasti saat pihaknya bertanya biaya air per meter kubik. "Karenanya perlu kejelasan dengan adanya sosialisasi maupun informasi pada masyarakat. Bila memang misi sosial itu masuk pada tarif, bila perlu digratiskan sekian meter kubik pada pelanggan. Misalnya pelanggan menggunakan 10 meter kubik air, dan 2 kubiknya gratis,”pungkas Darsana.ard/adn


Komentar

Berita Terbaru

\