PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

DPRD Tabanan Minta TPS3R Dioptimalkan

Kamis, 02 November 2023

17:00 WITA

Tabanan

1481 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

DPRD Tabanan Minta TPS3R Dioptimalkan

Tabanan, suaradewata.com -  Pasca terbakarnya Tempat pembuangan akhir (TPA) Mandung di Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga meminta pemerintah untuk benar-benar mengimplementasikan pengolahan sampah berbasis sumber agar mengurangi volume sampah yang dibuang TPA.


"Optimalisasi TPS3R perlu dilakukan. Pasalnya jika kondisi TPA terbakar dan harus ditutup, maka sangat berdampak pada kondisi wajah kota. Pasalnya ketika TPA ditutup di banyak titik terlihat penumpukan sampah," jelasnya.


Kondisi ini tentunya berdampak pada wajah kota Tabanan. Karena itu Dirga berharap pemerintah bisa melakukan sosialisasi lebih giat lagi terkait manfaat dari pengolahan sampah berbasis sumber.


Menurutnya, pengolahan sampah dari sumber dengan menerapkan konsep reduce, reuse, recycle (3R) juga menjadi solusi terbaik untuk menangani masalah darurat sampah yang terjadi seperti saat ini, apalagi diakuinya kondisi TPA sementara yang dimiliki Kabupaten Tabanan juga terganggu.
"Yang saya dengar, jalan menuju TPA rusak, jadi supaya masalah sampah bisa diatasi, maka diharapkan pengolahan dari sumber ini wajib dilakukan dan ditertibkan. Kalau bisa dibuatkan sanksi untuk masyarakat yang tidak taat,” ungkapnya.


Terkait optimalisasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan, I Gusti Putu Ekayana mengatakan, masih sedikitnya TPS3R yang beroperasi ini, disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah tingginya biaya operasional yang harus ditanggung.


"Dari 133 desa yang ada di Tabanan, sebanyak 126 desa sudah mandiri mengatasi sampahnya. Namun kebanyakan belum melakukan pengolahan  sampah, tetapi langsung membuangnya ke TPA. Sementara tujuh desa yang ada di Kecamatan Tabanan dan Kecamatan Kediri masih terlayani oleh armada sampah dari DLH," terang Ekayana. ayu/yok


Komentar

Berita Terbaru

\