PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Maksimalkan Potensi Daerah, Badung Akan Bentuk BUMD Badung Property

Selasa, 21 Juni 2022

20:30 WITA

Badung

2103 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Ketua DPRD Badung Putu Parwata Pimpin Rapat Kerja Pembentukan BUMD Badung Property. Foto : Humas DPRD Badung

Badung, suaradewata.com - Ketua DPRD Badung, Putu Parwata memimpin rapat kerja bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Ruang Rapat Pimpinan Sekretariat DPRD Badung, Selasa, (21/06/2022). Rapat kerja tersebut membahas pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Badung. 

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata mengatakan, hari ini dirinya memimpin rapat kerja bersama Dinas PUPR Kabupaten Badung dengan Kabag Ekonomi mengenai pembentukan BUMD. Badan Usaha Daerah ini merupakan suatu gagasan ide baik yang disepakati antara Bupati dan DPRD Kabupaten Badung. 

"Saya sebagai ketua DPRD Badung menindaklanjuti dari pada visi misi Bupati Badung untuk membuat sebuah konsep bagaimana memaksimalkan dan mengupayakan supaya potensi daerah kabupaten Badung ini bisa maksimal oleh karena itu kami sepakat untuk membuat badan usaha milik daerah dalam bentuk Perumda," kata Parwata. 

Usaha yang dibangun oleh Badung ini ingin memaksimalkan aset-aset yang ada dan yang belum dimaksimalkan. Tetapi akan disinergikan dengan pertanian dalam arti luas. Kata ia, Nopember 2022 ini targetnya sudah clear. 

"BUMD dalam bentuk Persero ini adalah namanya Badung Properti. Badung properti ini bidang usahanya adalah infrastruktur dan pertanian. Pertanian itu adalah pertanian olahan. Artinya ada industri pertanian. Ada infrastruktur kemudian ada pertanian olahan atau industri pertanian dalam skala kecil bukan dalam skala besar," pungkasnya.

Dari pengalaman yang sudah dialami oleh Badung. Jika hanya mengandalkan satu sektor saja, itu akan beresiko kepada Pemerintah Daerah. Contoh, bertahun-tahun Badung mengandalkan Pariwisata, begitu Covid-19 semuanya itu menjadi titik nol. Sehingga dari pengalaman tersebut, Badung segera mengantisipasi dengan membentuk badan usaha daerah memaksimalkan potensi yang ada. Serta mensinergikan pariwisata dan Pertanian termasuk industri ikutan lainnya. 

"Nah inilah yang kita bangun sehingga dengan demikian dokumen sudah disusun dan kami sepakat hanya 1 dokumen yang belum disampaikan. Kami minta Bupati segera membuat atau melayangkan surat kepada DPRD Badung untuk mendapatkan persetujuan. Sehingga karena Pemerintahan kita adalah pemerintahan bersama maka BUMD itu dibentuk atas persetujuan DPRD," ujarnya. ang/ari


Komentar

Berita Terbaru

\