PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Jarang Ngantor, Dewan Keluar Daerah Tiga Kali Sebulan

Kamis, 15 Februari 2018

00:00 WITA

Gianyar

2853 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

istimewa

Gianyar, suaradewata.com – Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Gianyar di tahun 2018 ini, dimanjakan dengan fasilitas plesir atau jalan-jalan yang dibalut dengan kunjungan kerja (kunker). Dalam sebulan, dewan bisa plesir sampai tiga kali. Sekali keluar daerah, dewan membutuhkan waktu 3-4 hari, jadi total berada di luar daerah mencapai 9-12 hari.

Dalam sebulan, jam kerja efektif dewan Gianyar sebanyak 24 hari. Apabila dewan plesiran sampai 10 hari, maka wakil rakyat ini nagntor hanya berada 15 hari saja. Itu belum dipotong libur agenda nasional seperti hari raya dan sejenisnya.

Ketua Komisi III DPRD Gianyar, Nyoman Artawa, menyatakan dia bersama anggota komisi III lainnya Rabu (14/2) sedang berada di Sidoarjo, Jawa Timur. Artawa sendiri mengakui jika dewan Gianyar berada di luar kota bisa sampai tiga kali dalam sebulan. “Bahkan bisa sampai empat kali (untuk bulan lainnya, red),” ujar Artawa dihubungi dari gedung DPRD Gianyar, Rabu (14/2).

Disinggung untuk apa melangsungkan tur? Artawa langsung berkelakar. “Kalau murid baru studi tur namanya. Tapi ini belajar untuk mencari pembanding,” ujarnya. Keberangkatannya ke Sidoarjo menurut Artawa untuk mengetahui mengenai laporan keterangan keuangan pertanggungjawaban.

Dalam setiap kali kunjungan kerja, mengambil tema kunjungan  yang berbeda-beda. Artawa sendiri tetap menjalankan tugas tersebut. “Ini kan kegiatan dewan yang sudah kami rencanakan,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Gianyar (Sekwan), Astawa Suyasa, mengaku dewan melangsungkan kunker dengan tugas yang berbeda-beda tiap Komisi. “Komisi IV locus (lokasi, red) di Situbondo. Komisi II locus juga di Situbondo,” ujar Astawa Suyasa dihubungi via telepon.

Artawa yang juga berada di Situbondo bersama Komisi IV itu mengaku berada disana selama tiga malam. “Ini sekarag kami diterima oleh ibu bupati (Situbondo, red),” terangnya.

Ditanya mengenai jumlah anggaran yang dihabiskan oleh dewan sekali kunker, Artawa berkelit. “Nggak usah bikini berita begitu, susah-susah itu,” tukasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun koran ini, dalam surat rencana agenda kegiatan DPRD Kabupaten Gianyar bulan Februari 2018, agenda kerja dewan cukup simpel.

Di minggu pertama, tanggal 5 Februari, dewan menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus). Rapat bulanan ini mengagendakan kerja dewan sebulan. Lalu pada 7-10 Februari dewan menggelar kunker Bamus, Badan Anggaran (Banggar), Bapemparda dan BK.

Minggu berikutnya, pada 13-16 Februari, kembali kunker yang diikuti oleh Komisi. Minggu kemudian, pada 21-24 Februari, dewan kembali kunker lembaga atau bimtek.

Selanjutnya minggu terakhir pada 26-27 Februari, dewan menggelar reses. Di akhir bulan, pada 28 Februari, dewan menggelar rapat paripurna pembentukan panitia khusus. gus/ari


Komentar

Berita Terbaru

\