PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Pelajar Hidup Sehat Ala BPJS Kesehatan Bakal Digelar Serentak

Selasa, 18 Juli 2017

00:00 WITA

Klungkung

3674 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Untuk mengedukasi anak anak sekolah akan pentingnya pola hidup sehat sehari hari, BPJS Kesehatan bakal menggelar secara serentak di seluruh Nasional, besok (19/7/2017). Hal tersebut diungkapkan Ina Oktika Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer di ruang rapat kantor BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Selasa (18/7/2017).

Kepada sejumlah wartawan, Ina Oktika membeberkan jika kegiatan promotif preventif besok, rencananya melibatkan sebanyak 13 Sekolah Dasar yang tersebar diseluruh Indonesia. "Untuk di Klungkung, SD N 1 Semarapura Tengah Klungkung yang akan di kunjungi BPJS Kesehatan," ujar Ina Oktika.

Lanjut Ina, melalui kegiatan ini, pelajar diharapkan dapat membudayakan pola hidup sehat sejak dini sehingga dapat terhindar dari penyakit. Dalam kegiatan tersebut akan ditunjukkan dan dipraktekkan langsung kepada pelajar betapa mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Seperti edukasi tentang rajin menggosok gigi, mencuci tangan, dan senam setiap hari. Sehingga dengan pola tersebut sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun sehingga dapat mencegah datangnya penyakit.

Disamping itu melalui program ini diharapkan dapat menggugah pelajar untuk meningkatkan rasa kepedulian, kerelaan membantu sesama, dan gotong royong dalam diri masing-masing. "Peran serta seluruh masyarakat dan generasi muda dalam mengawal keberlangsungan program JKN-KIS di Indonesia sangatlah besar," tegasnya.

Dengan meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan ke depannya jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sakit bisa menurun. Sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan kepada program promotif preventif seperti sekarang ini.

Untuk itu,Ina  juga berharap pihak sekolah dan orang tua dapat turut serta dalam membudayakan perilaku pola hidup sehat. Apalagi usia anak SD adalah masa dimana anak-anak meniru kebiasaan orang-orang sekitarnya.

Selain SDN 1 Semarapura Tengah Klungkung, secara serentak BPJS Kesehatan juga mengunjungi SDN 24 Kuta Alam Banda Aceh, SD 13 Tuapeijat Kab. Kepulauan Mentawai, SDN 157 Kecamatan Kemuning Palembang, SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi Jakarta Timur, SDN Dewi Sartika CBM Sukabumi, SD Negeri Pendowoharjo Sleman, SDN Banyuanyar 1 Kabupaten Sampang, SDN 5 Menteng Palangkaraya, SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar, Madrasah Ibtiyah Negeri 1 Palu, SD Inpres 18 Sorong,dan SDN Bulakan III Cilegon.

Perlu diketahui, hingga 14 Juli 2017, terdapat 179.011.459 jiwa penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Selain itu, terdapat total 20.877 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Diantaranya, 9.829 Puskesmas, 4.523 Dokter Praktik Perorangan, 1.151 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 5.360 Klinik Pratama, dan 14 RS D Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 5.451 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 2.179 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya 181 Klinik Utama), 2.274 Apotek, serta 998 Optik.jul/aga


Komentar

Berita Terbaru

\