PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Wujudkan Lansia Sehat, Peringatan Hari Lansia Diisi Senam dan Jalan Santai

Rabu, 31 Mei 2017

00:00 WITA

Bangli

4098 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Banglisuaradewata.com -  Ratusan para lansia se-kab. Bangli meramaikan HUT lansia Nasional yang dipusatkan di lapangan Kapten Mudita Bangli, Kamis (31/5/2017). Acara yang ditandai dengan pelepasan balon  dibuka langsung oleh wakil Bupati Bangli Sang nyoman Sedana Arta dihadiri juga oleh perwakilan Dinas Sosial dan Kesehatan Provinsi Bali, Kepala OPD Kabupaten Bangli serta para lansia perwakilan Desa Se-Kabupaten Bangli. Acara dimeriahkan dengan senam lansia dan jalan santai diseputaran lapangan kapten mudita Bangli.

Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan keberhasilan pembangunan kesehatan salah satunya berdampak terhadap peningkatan umur harapan hidup (UHH). Meningkatnya UHH saat lahir dari 68,6 tahun pada tahun 2004, menjadi 69,8 tahun pada tahun 2015, dan selanjutnya diproyeksikan terus bertambah mengakibatkan peningkatan jumlah penduduk lanjut usia secara signifikan di masa yang akan datang di kabupaten Bangli tahun 2017. Jumlah penduduk yang berusia lanjut sebanyak 25.730 orang,  sedangkan jumlah lansia yang terlantar sebanyak 2.334 orang (usia 60 tahun ke atas) dan jumlah KK miskin sebanyak 11.055 KK.

Secara alami semakin meningkatnya usia maka akan mengalami kemunduran baik fisik, biologi, mental maupun sosial. Perjalanan penyakit pada lansia mempunyai ciri yang bersifat menahun, semakin berat, dan sering kambuh, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, serta penyakit degeneratif lainnya. untuk memberikan pelayanan lansa yang prima maka perlu diaktifkannya puskesmas santun lansia yaitu puskesmas yang melakukan pelayanan pada lansia yang mengutamakan  aspek promotif dan preventifi disamping aspek kuratir dan rehabilitative bersifat proaktif, baik, sopan serta memberikan kemudahan dan dukungan bagi lansia.

Disampaikan juga, dalam mendukung kelancaran kegiatan pelayanan kesehatan pada lansia, pemerintah Kabupaten Bangli tahun 2017 melalui dinas kesehatan memberikan KMS lansia 1000 lembar, kohort lansia 1000 buah meningkatkan senam lansia dan memberikan penyuluhan kesehatan pada lansia. Sedangkan untuk hari tembakau sedunia kabupaten bangli telah mengeluarkan Perda no. 9 tahun 2014 untuk kawasan tanpa rokok (KTR). “Perda tersebut sudah kita sosialisasikan dari mulai tingkat kabupaten sampai ke masyarakat agar masyarakat mengetahui bahwa kabupaten bangli telah mempunyai perda tentang larangan merokok ditempat tempat tertentu,” bebernya. Lebih Lanjut di sampaikannya dengan adanya peringatan hari lansia yang mengambil tema "hidup bermartabat di usia senja lanjut usia sejahtera 'dan sub tema  giatkan germas, wujudkan lansia sehat. aktif, mandiri dan produktif diharapkan kesehatan lansia meningkat sehingga menjadi aktif, produktif dan mandiri.ard/dev


Komentar

Berita Terbaru

\