PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Diawali Bau Harum, Sumber Mata Air Suci Muncul Di Desa Bangbang

Selasa, 30 Mei 2017

00:00 WITA

Bangli

17075 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Banglisuaradewata.com – Setelah tiga tahun mengering dan hilang, sumber mata air yang selama ini disucikan warga desa Bangbang, Tembuku, Bangli, akhirnya kembali muncul dengan skala debit air yang lebih besar. Hal ini kontan saja membuat warga desa setempat terkejut sekaligus bahagia. Bahkan dengan kemunculan sumber air (tirta) tersebut, dipercayai oleh masyarakat setempat sebagai air suci yang dapat membersihkan jiwa raga bahkan dapat dipergunakan sebagai sarana menyembuhkan penyakit non medis.

Salah seorang tokoh masyarakat desa Bangbang, I Komang Kartika saat ditemui awak media, Selasa (30/05/2017), kemunculan sumber mata air suci sekitar 20 hari lalu. Setelah 3 tahun mengering. “Lokasi munculnya sumber mata air itu, berada di tempat yang disucikan oleh warga kami,” ungkapnya. Dijelaskan, lokasi tempat munculnya tirta tersebut berada kawasan Tukad Yeh Jinah, sekitar 500 meter ke arah timur dari Pura Pusering Tasik desa Bangbang. Dimana sumber mata air tersebut, biasanya dipergunakan untuk sarana upacara keagamaan saat piodalan di Pura Pusering Tasik. 

Bahkan sesuai penuturan warga lainnya, kemunculan tirta tersebut ditandai dengan aroma yang sangat harum. “Menurut warga yang tinggal memondok di dekat lokasi, munculnya tirta ini sekitar pukul 10.00 malam ditandai dengan bau yang harum di sekitar lokasi,” bebernya. Keesokan harinya setelah dicek, mata air tersebut muncul. “Debit airnya sekarang jauh lebih besar,” tegasnya.

Karena hal tersebut, masyarakat setempat sehari-hari kini berbondong-bondong menuju ke sumber mata air tersebut. Bahkan banyak warga dari luar desa Bangbang, yang datang khusus untuk melakukan pengelukatan dan nunas tirta dari sumber mata air tersebut.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, jajaran Polsek Tembuku dibawah kendali Kapolsek AKP I Gede Sujaya Wirya mengaku telah melakukan pengawasan dan atensi terhadap keamanan wilayah sekitar. Disampaikan, mengingat kondisi jalan yang cukup licin menuju lokasi munculnya tirta tersebut, diharapkan masyarakat untuk ekstra hati-hati dan lebih waspada.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\