PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Ratusan Ribu Benih Nila Disebar Di Danau Batur

Sabtu, 29 April 2017

00:00 WITA

Bangli

3434 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Banglisuaradewata.com - Salah satu kegiatan serangkaian peringatan HUT Kota Bangli yang ke 813, mulai dilaksanakan dengan melakukan penebaran 100 ribu benih ikan nila di perairan umum (restocking) di Danau Batur, Kintamani, Jumat (28/4/2017). Kegiatan restocking yang dilakukan di wilayah desa Kedisan ini, dipimpin oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Wayan Warta Megantara, didampingi sejumlah pempinan OPD Kabupaten Bangli.

Disampaikan, kegiatan restocking di danua batur dilaksanakan dengna tujuan menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat dengan menambah stok ikan di perairan umum, terutama di perairan yang dianggap telah mengalami kritis akibat eksploitasi berlebihan dan tujuan lainnya adalah mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang yang nantinya dapat bermuara pada kelestarian lingkungan. “Restocking adalah langkah terbaik dalam pemulihan kembali dan meningkatkan jumlah populasi ikan di perairan umum, dan secara tidak langsung kegiatan ini membantu masyarakat dalam pemenuhan ikan protein hewani dan meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar Danua Batur,” ungkapnya. Untuk itu, pihaknya berharap kepada masyarakat dan petani ikan di kawasan seputaran Danua Batur agar tetap membantu program pemerintah dalam pengembangan perikanan berwawasan lingkungan dan tetap menjaga kelestarian Danau.

Sementara itu Kadis Pertanian Ketahanan pangan dan Perikanan Kab. Bangli Ir. I Wayan Sukartana.M.Si menyampaikan kegiatan penebaran benih ikan, sudah dilakukan oleh Pemkab. Bangli secara terus menerus dan berkelanjutan dari tahun ke tahun. Namun, kata dia, masih perlu juga adanya dukungan dari pihak-pihak terkait baik dari pihak swasta, pelaku usaha perikanan maupun masyarakat umum. “Saat ini penebaran benih ikan yang kita lakukan sebanyak 100 ribu. Dan itu akan terus berlanjut secara bertahap,” tegasnya.  

Selanjutkan, kata dia, pada tanggal 19 Agustus 2017, penebaran benih ikan akan kembali dilakukan di desa Buahan sebanyak 50 ribu ekor dan di Abang Batudinding sebanyak 50 ribu ekor. Sementara untuk tanggal 23 September, penebaran benih ikan sebanyak 100 ribu ekor akan dilakukan di kawasan Pura Ulun Dhanu Songan.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\