PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Dewan Dorong Penerapan E-Ticketing Segera Dilakukan

Sabtu, 29 April 2017

00:00 WITA

Bangli

3692 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Banglisuaradewata.com – Untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari pungutan retribusi pariwisata Kintamani, kalangan DPRD Bangli, kembali mendorong Pemkab Bangli untuk segera menerapkan system tiket electronic  (E-Ticketing) dalam pengutan retribusi obyek pariwisata tersebut. Sebab, dengan system itu dinilai selain bisa menekan angka kebocoran yang selama ini dikeluhkan, juga bisa memudahkan melakukan pengawasan.  

Demikian disampaikan anggota DPRD Bangli, Mangku Kariyasa, jumat (28/04/2017). Diakui pasca penangkapan petugas pungut yang terjaring operasi tangkap tangan sapu bersih pungutan liar (OTT Saber Pungli), memang PAD Bangli telah mengalami kenaikan yang cukup menggembirakan.  Rata-rata peningkatan PAD yang didapat berkisar 15 juta per hari. “Untuk mengoptimalkan kenaikan PAD pariwisata Bangli, penerapan system E-Ticketing mesti segera dilakukan,” tegasnya. Dalam hal ini, kata Politisi PDIP asal Selat Peken, Susut ini, harus ada niat serius dari Pemkab Bangli untuk segera mewujudkannya. “Jangan sampai rencana penerapan E-Ticketing yang sudah baik itu, hanya menjadi wacana belaka. Harus ada niat dan keseriusan kita bersama untuk mewujudkannya,” tegasnya.

Dewan sendiri, diakui, sangat mendukung system tersebut. Hanya saja, kata dia, penerapan system ini masih terbentur kendala SDM dan fasilitas penunjang didalamnya. “Kalau pemerintah serius, dalam perubahan APBD Bangli tahun ini, mesti sudah dianggarkan terkait pengadaan alat serta pelatihan untuk meningkatkan SDM tersebut,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles usai melakukan study banding di Kota Bandung. Disebutkan, dalam pengeloaan obyek pariwisata di kota Kembang itu, sudah menerapkan system E-Ticketing. “Selain di Bandung, yang saya tahu di Surabaya juga sudah menerapkan system E-Ticketing. Bila system ini, bisa kita terapkan di Bangli saya yakin bisa menekan angka kebocoran retribusi, yang nantinya akan bermuara terhadap peningkatan APBD Bangli,” tegasnya.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\