PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Kunker Gubernur Batal, Bupati Serap Aspirasi di Desa Bakbakan

Selasa, 17 Januari 2017

00:00 WITA

Gianyar

3398 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suardewata.com

Gianyar, suaradewata.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika seyogya melakukan kunjungan kerja di Desa Bakbakan, Gianyar, Selasa (17/1/2017), namun setelah ditunggu sekian lama oleh masyarakat tersiar kabar kunker gubernur batal dikarenakan Gubernur Pastika mendadak harus mengadakan teleconference dengan Presiden RI. Acara pun diambil alih Bupati Gianyar AA. Gde Bharata untuk mendengar aspirasi yang disampaikan melalui Kades Bakbakan.

Bertempat di Balai Banjar Sanding, Desa Bakbakan, Gianyar, kegiatan kunker Gubernur Bali Made Mangku Pastika akhirnya diambil alih oleh Bupati AA Bharata. Di depan jajaran OPD Pemkab Gianyar, Bupati menanyakan pencapaian di desa Bakbakan selama ini yang telah mendapat bantuan baik dari provinsi maupun kabupaten.

Kepala Desa Bakbakan Ketut Darsana menyampaikan, terdapat 1250 KK diDesa Bakbakan, di tahun 2012 jumlah KK miskin sebanyak 428 KK. Dalam waktu 4 tahun dengan program pengentasan kemiskinan dari pemerintah, dari musyawarah desa terakhir yakni tanggal 11 Januari 2017, jumlah KK miskin menurun menjadi 315 KK. “Ini berkat bantuan dari gubernur melalui program Bali Mandara Gerbang Sadu, diawal kami diberikan modal Rp. 1,2 miliar sebagai modal. Selain itu, dari 80 bedah rumah yang diajukan, kami sudah mendapatkan 60 bedah rumah. Tinggal 16 bedah rumah, yang lagi 4 sudah dianggap layak” jelas Darsana.

Darsana juga menambahkan, Desa Bakbakan saat ini sedang menggarap potensi wisata. Karena di Desa Bakbakan terdapat objek wisata air terjun Goa Rang Reng, ia mengharapkan pemkab Gianyar bisa membantu untuk mewujudkan Desa Bakbakan menjadi desa wisata. Dan juga diharapkan bantuan dari Pemkab Gianyar untuk membantu membuatkan jalan pertanian dari Banjar Enjung menuju Desa Bakbakan, karena beberapa petani sebagai pemilik lahan sudah merelakan sebagian tanahnya untuk akses jalan swadaya. “Jalan pertanian ini penting untuk membantu mempercepat akses para petani dan perputaran ekonomi” ujarnya. “Kami agak kecewa gubernur batal hadir, persiapan sudah kami lakukan sejak 2 hari yang lalu. Tapi kami maklumi beliau ada kegiatan mendadak yang lebih penting” tambahnya setelah acara.

Bupati Gianyar AA Bharata setelah mendengar beberapa masukan, langsung memanggil instansi terkait yang hadir saat itu untuk membantu aspiarasi yang disampaikan Kepala Desa Bakbakan dengan segera. Dinas pariwisata diharapkan membantu dalam hal promosi dan penataan untuk menjadi desa wisata. Dari dinas pertanian juga akan membantu warga dalam pengadaan bibit pohon kelapa daksina. “Yang bisa dibantu dari pemkab Gianyar akan langsung ditangani sedangkan yang ke pemerintah provinsi saya teruskan,” ungkap Bupati. gus/ari


Komentar

Berita Terbaru

\



PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Presiden Prabowo Dihormati Pemimpin Dunia