PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Kodim 1619/Tabanan Beri Wawasan Bela Negara Ke Pecalang

Minggu, 23 Oktober 2016

00:00 WITA

Tabanan

4220 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Tabanansuaradewata.com - Sebanyak 46 pecalang Kota diberi wawasan kebangsaan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 1619/Tabanan di Wantilan Desa Adat Tabanan Banjar Sakenan Baleran Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Minggu, (23/10/2016). 46 pecalang tersebut perwakilan masing masing banjar terdiri dari 23 Banjar adat Kota Tabanan. Untuk menuju pecalang yang celang, eling lan mecaling. Celang yang berarti berwawasan luas, tanggap terhadap lingkungan. Eling berarti mawas diri sedangkan Mecaling berarti berwibawa dan tidak arogansi.

Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf. Herwin Gunawan mengungkapkan bahwa dirinya telah memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada Para pecalang. Untuk itu Pecalang harus menjadi pelopor di wilayahnya dalam mewujudkan masyarakat yang aman dan damai. Dan Peran pecalang di wilayah akan dapat mewujudkan harmonisasi antara warga serta menjadi pengawal wilayah. Dari ancaman dan rongrongan dari luar yang tidak bertanggung jawab. 

"Untuk itu, setiap pecalang harus memiliki jiwa Nasionalis yang tinggi, dan tetap berpegang teguh kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI serta Bhineka Tunggal Ika, Pecalang juga merupakan Mitra Karib Kodim 1619/Tabanan, dalam mewujudkan Tabanan yang Sejahtera aman dan berprestasi (Serasi) serta menjaga keutuhan NKRI, Kerjasama pecalang dan babinsa di lapangan akan dapat menciptakan daya tangkal dalam mengantisipasi masuknya orang orang yang tidak bertanggungjawab, termasuk Teroris ke wilayah Tabanan, Karena itu kita aparat TNI harus bersinergi dan bekerjasama dengan Para pecalang di wilayah Tabanan," ucap Herwin.

Sementara itu, Wakil Bendesa Adat Kota sekaligus Ketua Panitia I Wayan Wiguna Negara mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1619/Tabanan yang sudah memberikan wawasan tentang bela negara. Dan wawasan yang diberikan sangat penting untuk para pecalang. 

"Selama ini pandangan orang, bahwa pecalang saat melaksanakan tugas terlalu arogansi, inilah yang akan dirubah, sehingga keberadaan pecalang dapat mengayomi, dan sangat sangat berada di tengah masyarakat saat diperlukan, wawasan bela negara yang diberikan oleh Dandim, sangat penting untuk para Pecalang," ucap Wiguna.ang/aga


Komentar

Berita Terbaru

\