PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Peminat TS Membludak, Bupati Rencana Tambah 5 Bus

Senin, 17 Oktober 2016

00:00 WITA

Tabanan

6212 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com –Program angkutan siswa gratis yang lebih dikenal dengan Trans Serasi (TS) dengan leading sektor Dinas Perhubungan Pemkab Tabanan boleh dibilang sukses besar. Bagaimana tidak sejak dicanangkan 2014 lalu dengan memberdayakan puluhan angkot mendapat sambutan positif masyarakat Tabanan. Terbukti terus saja ada permintaan penambahan armada angkot TS. Namun karena keterbatasan anggaran, angkot TS belum bisa ditambah. Beruntung tahun ini, Pemkab Tabanan mendapatkan bantuan tiga buah Bus (TS) dari pusat, namun hal ini masih kurang lantaran banyak wilayah belum terlayani. Atas kondisi itu Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti berencana membeli bus sendiri dengan APBD Tabanan pada 2017 mendatang. Tidak tanggung-tanggung Bupati Eka berencana menambah 5 bus (TS) sekaligus. Hal itu diungkapkan Bupati Eka saat mencoba naik bus TS bersama siswa-siswa SMP dari jurusan Kota Tabanan menunju Penebel, Senin, (17/10/2016).

Disela-sela naik bus bersama siswa SMPN 2 dan SMPN 3 Tabanan itu Bupati Eka tampak sumringah. Disela-sela perjalanan dengan rute Tabanan – Penebel itu Bupati Eka sesekali bertanya kepada siswa terkait kesan naik TS yang digagas Pemkab Tabanan tersebut. “Gimana naik Trans Serasi enak kan,?,” ucapnya. Dalam kesemapatan itu Bupati Eka menegaskan melihat program angkutan siswa gratis itu sukses pihaknya kini merancang untuk menambah 5 buah armada bus pada 2017. “Dana yang dibutuhkan sekitar Rp 2 Milyar, nanti kita anggarkan di induk, saat ini tengah proses pengkajian” jelasnya. Kalau saat ini yang sudah dilayani adalah Tabanan, Penebel dan Kediri, maka tahun depan pihaknya akan memprioritaskan kecamatan lain. “Tahun depan ya kita prioritaskan kecamatan lain semisal Kecamatan Baturuti, karena permintaan masyarakat sangat tinggi,” uapnya.

Dijelaskan program Trans Serasi merupakan program yang brilian yang pada 2014 digagas bersama mantan Kapolres Tabanan AKBP Dekananto EP. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan lalulintas yang melibatkan anak sekolah. “ Program  Trans Serasi, juga mampu meringankan beban orang tuan yang tidak  lagi mengantar dan menjemput anak-anaknya ke sekolah. Karena sudah naik Trans Serasi,” jelas Bupati Eka.

 Ida Ayu Komang Triwulandari (13) siswa kelas 8, SMP N 2 Tabanan mengaku sangat senang naik angkutan Bus Trans Serasi. “Selain aman, juga Bus nya baru ada AC nya,  pokoknya keren,” jelasnya. Ia yang beralamat di Banjar Sandan Dauh Yeh, Desa Sadan, Kecamatan Tabanan ini meinta agar program Bus Trans Serasi tetap dilanjutkan. “Saya harap dilanjutkan, tidak saja untuk anak SMP tapi juga untuk anak-anak SMA,” katanya penuh harap. 

Hal yang sama diungkapkan siswi SMP Negeri 2 Tabanan Ni Kade Aprilya Dewi. Kata dia  naik TS itu seru ketimbang diantar disamping bisa ngumpul dengan teman-temannya juga gratis. “Serulah disamping gratis  bisa bareng bareng bercerita bareng sama teman, kalau berangkat sendiri gak seru rasanya," ucap Dewi. Ang/gin


Komentar

Berita Terbaru

\