PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Bukit Batugede Longsor, Belasan Rumah Nyaris Tertimbun

Senin, 03 Oktober 2016

00:00 WITA

Karangasem

3657 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Karangasem selama sepekan terakhir ini mulai memicu terjadinya bencana alam, di Kecamatan Selat, tanah longsor yang terjadi dimalam buta nyaris menghancurkan sejumlah rumah yang berada dibawah tebing longsor.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun Senin (03/10/2016) longsor terparah terjadi di Banjar Dinas Batugede, Desa Duda Timur, Kecamatan selat, material longsoran yang menggunung menutup akses jalan yang menghubungkan dua Desa dan Kecamatan yakni Kecamatan Selat dan Desa Antiga, Kecamatan Manggis.
 
Longsor tersebut terjadi pada Minggu (01/10/2016) sekitar pukul 21.10 Wita, dan memang menurut warga setempat sebelumnya terjadi hujan lebat selama tiga hari berturut-turut, dan sebelumnya warga juga sudah mulai khawatir akan kemungkinan terjadinya longsor mengingat tanah tebing yang dilintasi jalan penghubung Mannggis-Selat memang sangat labil dan sudah beberapa kali longsor.
 
“Sebelumnya hujan lebat pak, nah tiba-tiba terdengar suara gemuruh dan kami panik menyelamatkan diri karena kami lihat keatas tanah longsoran itu bergerak membawa batu besar dan batang pohon kelapa,” ungkap Ni Wayan Sina, salah seorang warga yang rumahnya tepat dibawah tebing yang longsor itu.
 
Yang membuat dia dan warga lainnya panik bukan hanya longsor tetapi saat itu aliran listrik langsung padam. Ditengah suasana gelap warga pun berusaha naik kejalan raya untuk menyelamatkan diri ketempat yang lebih aman. Hingga saat ini pihak BPBD Karangasem belum bisa mengevakuasi material longsoran tebing bukit itu karena harus menggunakan alat berat. Sementara tidak ada korban jiwa ataupun material akibat bencana longsor itu. nov/ari


Komentar

Berita Terbaru

\