PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Raih Dua Penghargaan, Bupati Eka Syukuran Bareng Petugas Kebersihan

Rabu, 31 Agustus 2016

00:00 WITA

Tabanan

3677 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama para petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) menggelar acara syukuran di Lapangan Tenis Indoor Dangin Carik, Rabu (31/8/2016). Syukuran itu dilakukan karena Tabanan beberapa bulan lalu berhasil Tabanan meraih dua penghargaan dalam waktu yang berbarengan.

Penghargaan pertama dari bidang lingkungan yakni tropi Adipura Buana. Dan, beberapa waktu kemudian, penghargaan bidang kependudukan, khususnya menyangkut program Keluarga Berencana (KB) yakni Manggala Karya Kencana.

Bupati Eka menyebutkan bahwa kedua penghargaan tersebut patut untuk disyukuri. Terlebih penghargaan tersebut berkaitan erat dengan masalah lingkungan dan kependudukan.

“Kebijakan pengelolaan kebersihan dan pengendalian pertumbuhan penduduk ini adalah kebijakan strategis yang harus kita lakukan secara berkesinambungan dan harus diimplementasikan dalam prilaku kehidupan masyarakat kita,” jelas Eka.

Dikatakan juga, masalah sampah saat ini sudah semakin kompleks dan lingkungan terkena dampaknya. Di sisi lain, pertumbuhan penduduk yang meningkat hingga mencapai 1,2 persen juga mendapat perhatian dari Bupati Eka.

“Pertumbuhan ini, bila tidak dikendalikan, berdampak negatif bagi terhadap perekonomian dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Karena itu, dia menghimbau sekaligus mengajak seluruh elemen yang ikut dalam acara tersebut dan masyarakat Tabanan agar membiasakan diri hidup bersih.

“Mengurangi timbulan sampah di tingkat rumah tangga dan melaksanakan prilaku untuk mengolah sampah melalui pembentukan Bank Sampah. Untuk menanggulangi hal tersebut, di 2017 mendatang setiap desa di Tabanan harus sudah mempunyai Bank Sampah.

Di kesempatan tersebut, Bupati Eka juga menyampaikan apresiasi yang tinggi dan rasa bangganya kepada petugas kebersihan dan kepada seluruh masyarakat Tabanan. Karena telah bekerja keras dan berperan aktif untuk menjaga kebersihan di Tabanan.

“Prestasi ini merupakan wujud kemenangan bagi seluruh masyarakat Tabanan. Bukan hanya Pemerintah saja yang bertugas menjaga kota Tabanan, tetapi ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama demi mewujudkan masyarakat Tabanan yang lebih baik,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menekankan agar keberhasilan memperoleh dua prestasi itu tidak lantas membuat semua pihak yang terlibat berpuas diri. Dikatakan, inovasi dan kerja keras harus lebih dilakukan karena persoalan lingkungan dan kependudukan kedepannya akan semakin rumit.

“Menpertahankan lebih sulit daripada mendapatkan. Kedepannya, saya harapkan agar semua ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Saya mempunyai keyakinan, itu bisa diraih selama kita semua sepakat dan berkomitmen, saling bekerjasama serta selalu menanamkan kesadaran untuk mengapainya,” pungkasnya. ina/hai


Komentar

Berita Terbaru

\