PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

IHDN Kaji Ilmu Komunikasi Hindu Sikapi Masalah Umat

Rabu, 31 Agustus 2016

00:00 WITA

Denpasar

4941 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar mengkaji Ilmu Komunikasi Hindu (IKH) dalam menyikapi masalah keumatan di Indonesia. Selama ini nilai atau pesan-pesan universal agama Hindu belum maksimal diketahui oleh umat Hindu khususnya di Indonesia. Hal ini ditengari minimnya akses komunikasi ke publik.

"Ilmu Komunikasi Hindu penting dalam menyikapi personalan keumatan terutama di tengah arus informasi saat ini. Terlebih kehadiran media sosial yang sudah menjadi panglima informasi," ungkap Prof.Dr. I Nengah Duija, Rektor IHDN disela membuka acara seminar nasional "Eksistensi Ilmu Komunikasi Hindu dalam Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Era Global" di Kampus Pascasarjana IHDN Denpasar, Selasa (30/8).

Ia mengatakan kehadiran media sosial, sangat menentukan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Apalagi terkait hal-hal menyangkut agama.Saat ini kehadiran media sosial tersebut memberikan ruang sangat terbuka kepada semua masyarakat untuk menyampaikan pesannya melalui postingan, baik pribadi maupun secara umum. Sehingga untuk itu, kedepan menjadi tantangan umat Hindu dalam menyerap dan menerima informasi.

Prof. Dr. I Nengah Bawa Atmaja, MA. yang hadir sebagai pembicara dalam seminar nasional menilai penting ilmu komunikasi Hindu kedepan. Apalagi, tantangan terberat saat ini adalah mengedukasi umat di tengah limpahan informasi dari berbagai sumber. Prodi Ilmu Komunikasi Hindu, sebagai jurusan baru di Pascasarjana IHDN Denpasar mampu menyikapi masalah keumatan di era teknologi aat ini.

"Ilmu komunikasi Hindu harus hadir dalam menyikapi masalah umat. Terutama dalam ruang informasi dan media,"ucapnya. Sedangkan Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, S.IP., M.Si. dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini mengungkapkan bahwa tantangan terberat para sarjana Hindu di Prodi ini tak saja dalam konteks keilmuan komunikasi saja tapi masalah esensi atau nilai-nila Hindu agar bisa dintranformasikan kepada umat.

Sementara Drs. IB Putu Suamba, M.A. Ph.D. yang menjelaskan kajian ilmu komunikasi Hindu sangat berbeda demgan kajian komunikasi pada umumnya. Weda atau ajaran agama menjadi pekerjan yang tidak mudah ditransformasikan oleh para sarjana Hindu kelak. "Jadi butuh akses saluran komunikasi yang baik di media dan sesuai dengan umat (audiens). gin/ari


Komentar

Berita Terbaru

\