PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

KPU Buleleng: 40.283 Dukungan Minimal Jadi Jumlah Acuan Balon Perseorangan

Jumat, 26 Agustus 2016

00:00 WITA

Buleleng

3206 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Bulelengsuaradewata.com – Terkait menyusutnya hasil verifikasi adminisitrasi dan berhembusnya isu kegagalan bakal calon paket perseorangan Dewa Nyoman Sukrawan – Gede Dharma Wijaya (SURYA) melewati ambang batas minimal dukungan yang menjadi syarat lolos jadi peserta Pilkada Buleleng 15 Februari 2017, Ketua KPU wilayah setempat yakni Gede Suardana, mengatakan acuan jumlah pendukung tetap pada angka 40.283, Jumat (26/8).

“Walau hasil verifikasi administrasi pasangan perseorangan saat ini 34.933 dukungan yang disebabkan penyusutan 5.862 setelah sinkronisasi dengan DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilihan Pemilu) dari Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil), tapi jumlah minimal tetap sebagai syarat sebagai calon,” ujar Suardana.

Terkait hasil verifikasi administrasi yang saat ini masuk tahapan verifikasi faktual KPU untuk satu-satunya bakal calon perseorangan sebanyak 34.933 KTP dukungan, Suardana menyebut angka tersebut pun bukan berarti bisa menetukan ketidak lolosan paket Surya dalam verifikasi yang baru tahap pertama.

Suardana mengungkapkan masih ada tahapan kedua hingga akhir September 2016 bagi Surya yang jumlah dukungannya menyusut setelah verifikasi faktual tahap pertama. Bahkan, paket Surya dinyatakan sudah bisa melakukan pendaftaran pada saat tahapan pembukaan pendaftaran bakal calon yang bersamaan dengan pendaftaran bakal calon dari partai politik.

“Memang, wajib mengumpulkan dua kali dari jumlah dukungan angka penyusutan setelah dilakukan verifikasi faktual. Tapi acuannya lolosnya syarat dukungan tetap mengacu pada angka minimal dukungan di 40.283 dukungan,” kata Suardana.

Contoh simulasinya, lanjut Suardana, ketika seorang calon kepala daerah membutuhkan suara minimal 10 orang yang jadi angka minimal. Lalu setelah dilakukan verifikasi administrasi dan faktual kemudian menyusut menjadi sisa 5 orang, sehingga kurang lagi 5 orang dan wajib menyerahkan dukungan dua kali lipat yakni 10 orang lagi.

Tapi, kata Suardana, ketika dalam verifikasi administrasi dan faktual tahap dua nanti kemudian kembali berkurang 4 orang, maka total dukungan verifikasi tahap satu akan ditambahkan dengan hasil verifikasi tahap dua. Sehingga total dukungan adalah 5 orang ditambah 6 orang menjadi 11 orang dan calon bisa lolos karena sudah melebihi 10 dukungan minimal.

“Jika dalam verifikasi tahap dua dari angka yang menyusut tidak bisa melampaui jumlah dukungan dalam syarat minimal, maka tidak bisa lolos sebagai calon dan itu baru ditetapkan nanti pada akhir bulan Oktober 2016,” papar Suardana.

Hal tersebut disampaikan terkait munculnya sejumlah pemberitaan yang simpang siur dan menyebutkan gagalnya calon perseorangan ketika masih dalam proses verifikasi administrasi dan faktual tahap pertama.

Fakta tersebut mengingat satu-satunya pasangan bakal calon perseorangan yakni paket Surya yang dalam verifikasi tahap satu mengalami penyusutan dengan menghasilkan sisa dukungan verifikasi administrasi sebanyak 34.933 atau hanya membutuhkan tak lebih dari 6 ribu dukungan mencapai jumlah 40.283 sebagai acuan.

Terkait dengan kondisi penyusutan dukungan Surya yang kini menjalani verifikasi faktual dengan total 34.933 untuk menuju angka 40.283, tim pemenangan Surya unsur “Sahabat Sukrawan” yakni Gede Agus Tanaya Somandhana mengaku tidak mengkhawatirkan penyusutan dalam verifikasi tahap pertama tersebut. Hal itu sudah disampaikan dalam pemberitaan sebelumnya terkait informasi awal penyusutan verifikasi administrasi KPU Buleleng.

Hal senada pun disampaikan Dewa Nyoman Sukrawan ketika dikonfirmasi awak media disela turun mengawasi proses verifikasi faktual bersama timnya. Sukrawan bahkan mengaku, ada support dukungan tambahan diluar dari jumlah puluhan ribu dukungan cadangan yang disiapkannya sejak awal untuk verifikasi tahap dua.

“Saya sudah bilang sejak awal, jika 40 ribu yang menjadi jumlah minimal maka saya tentu harus persiapkan 100 ribu untuk antisipasi. Sesuai tekad saya maju jadi Bupati Buleleng tahun 2017 dari perseorangan. Buktinya, Pilgub kemarin ratusan ribu masyarakat Buleleng masih percaya dan memilih saya. Kami tetap selalu berusaha yang terbaik dan tidak akan mengecewakan masyarakat Buleleng yang mendukung Surya,” pungkas Sukrawan.adi/aga


Komentar

Berita Terbaru

\