PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Jelang Galungan Wabup Kasta Sidak Harga

Selasa, 23 Agustus 2016

00:00 WITA

Klungkung

4297 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Klungkung, suaradewata.com – Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan sidak ke Pasar Galiran, Klungkung, Selasa (23/08/2016). Sidak harga kali ini menyasar barang dan kebutuhan pokok yang berkaitan dengan kebutuhan warga menjelang hari raya Galungan.

Dengan didampingi Kepala UPT Pasar Semarapura Komang Widiasa Putra dan Kasi Pembinaan Usaha Perdagangan Diskoprindag Kabupaten Klungkung I Nyoman Merta, Wabup mengunjungi sejumlah pedagang sambil memantau harga dan stok barang.

Sidak ini bertujuan untuk mengetahui harga kebutuhan pokok di pasaran. Dengan sejumlah harga kebutuhan pokok seperti daging ayam, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, buah-buahan, dan sejumlah barang pokok lainnya.

Tim pertama menyambangi pedagang daging ayam yang berada di sebelah selatan pasar. “Harga daging ayam terus mengalami kenaikan Pak sejak hari raya Idul Fitri lalu,” beber Citrawati pedagang daging ayam di pasar tersebut.

Citra menambahkan meningkatnya harga daging diakibatkan harga ayam hidup yang terus mengalami kenaikan. Apalagi menjelang hari raya secara otomatis harga ayam hidup mengalami kenaikan. “Tidak hanya hari raya besar, musim odalan saja harga ayam hidup bisa mendadak naik,” imbuhnya.

Tim lalu bergerak ke pedagang bumbu yang persis berada di sebelah utara komplek pedagang daging. Dari pantauan tim, harga bahan bumbu cukup stabil. Sepeti penuturan Ni Luh Jepiring, salah satu pedagang bahan bumbu. Menurutnya harga bahan bumbu relatif stabil. Terkecuali harga bawang merah dan bawang putih yang mengalami peningkatan.

Berbeda dengan harga daging dan bahan bumbu, harga buah belakangan malah mengalami penurunan. Buah impor misalnya, buah ini mengalami penurunan hingga seratus persen.

Sementara itu, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menjelaskan tujuan dilakukan sidak ini untuk memantau harga secara berkesinambungan menjelang hari raya Galungan beberapa hari lagi. Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kenaikan harga yang terlalu tinggi dipasaran yang kerap terjadi menjelang hari raya.

“Tim akan melakukan pemantauan harga secara rutin dan jika temukan terjadi peningkatan harga yang terlalu tinggi berdasarkan rapat tim akan dilakukan operasi pasar untuk menaikan harga,” tegasnya. jul/hai

 


Komentar

Berita Terbaru

\