PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Puting Beliung Terjang Kusamba

Minggu, 14 Agustus 2016

00:00 WITA

Klungkung

3928 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Klungkung, suaradewata.com – Angin puting beliung menerjang wilayah Desa Kusamba dan Kampung Kusamba di Kecamatan Dawan pada Minggu pagi (14/8/2016). Angin dengan kecepatan tinggi disertai hujan gerimis berputar-putar dan bergerak dari Kampung Kusamba menuju utara ke pemukiman warga di Desa Kusamba.

Perbekel Desa Kusamba Ketut Winastra melaporkan, kejadiannya dimulai sekitar pukul 07.45 Wita. “Diawali dengan suara mendengung seperti suara ribuan tawon pada pukul 07.45 Wita, angin merusak dan menjatuhkan hingga menerbangkan atap bangunan, kejadiannya berlangsung sekitar sepuluh menit,” ujar Ketut Winastra.

Akibat kejadian ini, sebanyak 36 bangunan yang terdiri dari rumah, pura, warung, Posyandu, kantor LPD hingga balai banjar mengalami kerusakan atap. Bahkan sebuah atap kantor LPD di Banjar Pande yang terbuat dari seng berukuran enam meter persegi terbang sejauh kurang lebih 20 meter dan menimpa rumah Mangku Nyoman Bantat.

Tercatat delapan bangunan rusak di Banjar Sangging, lima bangunan di Banjar Pande, lima bangunan di Dusun Rame serta di Kampung Kusamba sebanyak 18 bangunan. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang pada saat kejadian sedang memimpin Upacara HUT Provinsi Bali Ke-58 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, begitu selesai memimpin upacara langsung bergegas meninjau lokasi bencana.

Ni Wayan Puri (60) asal Dusun Rame yang merupakan KK miskin tidak luput dari kejadian ini. Atap rumah tinggal dan dapurnya rusak parah diterjang angina kencang ini. Bupati Suwirta langsung memerintahkan BPBD bersama TNI dan Polri bersama bergotong-royong membantu warga memperbaiki atap rumah warga yang rusak, utamanya warga yang tergolong KK miskin seperti Wayan Puri ini.

Pemkab berjanji akan memberikan bantuan genteng kepada para korban utamanya KK miskin. Kepada pihak Kecamatan Bupati Suwirta menghimbau agar bisa segera membantu para warga ini melalui dana material yang sudah ada.

Bupati Suwirta juga sampaikan terima kasih kepada BPBD dan anggota TNI Polri yang sudah melakukan reaksi cepat memberikan bantuan kepada warga yang mengalami musibah.

“Terima kasih kepada BPBD, anggota TNI dan Polri, reaksi cepat dan pemberian bantuan memang sudah menjadi kewajiban Pemkab dan jajarannya, akan menjadi dosa seandainya kita tidak membantu warga kita,” ujar Bupati Suwirta. jul/hai


Komentar

Berita Terbaru

\