Setelah 20 Tahun, Sirkuit Perancak Siap Gelar Kejurnas Sprint Rally 2024

  • 01 Februari 2024
  • 17:25 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 2067 Pengunjung
Sirkuit Perancak Kabupaten Jembrana, siap gelar Pertamax Turbo Kejurnas Sprint Rally 2024. (SD/ist)

Jembrana, suaradewata.com – Setelah hampir 20 tahun kini sirkuit legenda di Kabupaten Jembrana yakni Sirkuit Perancak akan kembali ramai. Hal itu pasca dipastikanya akan digelar Pertamax Turbo Kejurnas Sprint Rally 2024 yang akan berlangsung dua hari, pada 3-4 Februari 2024.

Sirkuit yang telah beroperasi sejak tahun 1987, akan menjadi saksi puluhan perally terbaik tanah air adu ketangkasan dalam balapan. Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna yang disapa akrab Ipat itu mengatakan hampir seluruh perally terbaik baik dari tim maupun privater telah confirm ikut serta, seperti tim besar Toyota Gazoo Racing Indonesia, LFN Sederhana Motorsport, HRVRT, Jhonlin Racing Team, DMO Garage, Delta Garage, AHSRT, Suade, BART, Nafsat Auto Sport, Kartika Sari Motorsport, RAC Motorsport hingga Bintang Automotive akan berpartisipasi.  Event digelar Sabtu dan Minggu di SS (Special Stage) sepanjang 4,7 km di atas lintasan full gravel (tanah), masing-masing 2 SS sehingga perally harus melahap total 4 SS sepanjang 18,8 km. “Sirkuit Perancak ini menjadi Sirkuit Legendaris dulu setiap 6 bulan sekali kita melaksanakan event otomotif yaitu motorcross dan gesstrek, dulu juga sempat ada road race dan juga ada offroad, " ucap Wabup Ipat.

Pihaknya berharap event  Sprint Rally yang menghadirkan banyak orang, dapat sekaligus mendukung perekonomian Kabupaten Jembrana.  “Event ini juga merupakan salah satu metode untuk memikat dan menstimulus generasi muda jembrana, dan tentu harapannya dapat meningkatkan PAD, meningkatkan perekonomian masyarakat., " harapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pertamax Turbo Sprint Rally Eryanto Subaktiawan mengatakan terakhir event Sprint Rally di Bali sudah hampir 20 tahun lalu, dan belum ada event lagi. “Event kali ini benar-benar wah karena banyak penggemarnya,” janjinya. Sejauh ini kata dia sudah ada 70 peserta startter yang sudah siap berlaga namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi dengan waktu hingga 2 hari mendatang.

Sementara Rifat Helmy Sungkar sebagai Pembalap Indonesia yang telah meraih banyak prestasi di arena reli nasional maupun internasional turut ikut serta dalam Pertamax Turbo Kejurnas Sprint Rally 2024 di Sirkuit Perancak Jembrana. 

"Dengan diselenggarakannya Pertamax Turbo Sprint Rally 2024 ini oleh bintang otomotive evortnya sangat luar biasa, bisa benjadi contoh positif dan saya yakini nantinya bisa meningkatkan pendapatan daerah dan pengembangan di sektor pariwisata, " ujarnya. 

Terakhir, dirinya juga berharap untuk kedepannya Sirkuit Perancak ini bisa dijadikan menjadi Rally Schooll yang pertama. 

"Sirkuit ini memang memiliki lintasan yang unik, mungkin juga bisa menjadi sentral yang sangat baik bagi perally, " tandasnya. Dep/gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER