Bapas Karangasem Goes To School di Nusa Penida

  • 04 Oktober 2022
  • 19:55 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 1442 Pengunjung
istimewa/suaradewata

Klungkung, suaradewata.com - Selasa (04/10/2022) Memperkenalkan tugas dan fungsi Balai Pemasyarakatan (Bapas) serta mendekatkan berbagai layanan Bapas kepada masyarakat terutama di kalangan pelajar.

Giat program Bapas Goes to School yang dimana debut perdananya dilaksanakan oleh Bapas Kelas II Klungkung yang menyasar ratusan pelajar di Kecamatan Nusa Penida.

Program ini juga dirancang untuk mensosialisasikan Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) kepada para pelajar sebagai terobosan dalam menekan tindak pidana yang dilakukan oleh anak.

Kepala Bapas Kelas II Karangasem, I Kadek Dedy Wirawan Arintama bersama pejabat struktural dan para JFT Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK) bergerak secara serentak ke 6 sekolah yang tersebar di Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan untuk berdialog langsung dengan para pelajar.

Kabapas mengungkapkan pilot project yang digelar ini mendapat respon yang sangat baik dari pelajar. Mereka sangat antusias dengan adanya program ini, karena sebagian besar dari mereka belum memahami apa itu Balai Pemasyarakatan (Bapas). 

"Banyak diskusi dua arah terjadi antara Tim dan para pelajar, semoga dengan program ini dapat membuka wawasan para pelajar terkait dengan tusi Bapas, maupun SPPA," tutur Dedy.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gun Gun Gunawan menyampaikan bahwa Bapas Goes To School merupakan upaya memberi kemudahan kepada masyarakat, dalam hal ini para pelajar untuk memperoleh informasi terkait peran Balai Pemasyarakatan, terutama bagi mereka yang tinggal di kepulauan dan jarang terjangkau. 

"Saya berharap dengan adanya program ini, semakin banyak masyarakat khususnya pelajar memahami peran Bapas dan tindak pidana yang dilakukan oleh anak semakin berkurang," terang Gun Gun.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER