Orientasi Saka Bhayangkara Di Mapolres Buleleng

  • 28 April 2024
  • 17:20 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 887 Pengunjung
Orientasi Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng i Mapolres Buleleng mulai Minggu (28/4/2024). Sad/SD/hms

Buleleng, suaradewata.com - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng terus berusaha memupuk jiwa generasi muda yang berkarakter Pancasila. Salah satunya lewat kegiatan Satuan Karya Pramuka (Saka).

Berangkat dari hal tersebut, di Tahun 2024 ini Saka Bhayangkara yang berpangkalan di Polres Buleleng merekrut anggota baru yang berlangsung di Mapolres Buleleng mulai Sabtu (27/4/2024) hingga Minggu (28/4/2024).

Dalam proses perekrutan, melibatkan 227 orang peserta dari 9 Kwartir Ranting Gerakan Pramuka (Kwarran) yang ada di Kabupaten Buleleng. Dan dalam kegiatannya, dibagikan sejumlah kegiatan yang relevan untuk membangun karakter generasi muda berwawasan Pancasila. Selain itu juga diberi penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di Saka Bhayangkara. Termasuk menjelaskan kompetensi khusus yang akan dilatih di Saka.

Ketua Komisi Saka, Satuan Komunitas, dan Gugus Darma Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng, Cok Aditya mengatakan kegiatan ini diharapkan menumbuh kembangkan minat generasi muda untuk terlibat dalam kegiatan Pramuka.

“Perekrutan anggota Saka Bhayangkara merupakan langkah penting dalam membangun generasi yang tangguh dan bertanggung jawab. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat patriotisme dan rasa tanggung jawab sosial di kalangan generasi muda,” tandasnya.

Dengan menggandeng partisipasi dari berbagai elemen masyarakat, Polres Buleleng berkomitmen untuk terus mendukung pembentukan karakter generasi muda yang menjadi pilar utama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di masa depan.

Pada bagian lain Ketua Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara Buleleng, AKBP. Ida Bagus Widwan Sutadi berharap peserta perekrutan mampu tanamkan sebuah proses yang membentuk karakter.

"Dengan menggandeng partisipasi dari berbagai elemen masyarakat, Polres Buleleng berkomitmen untuk terus mendukung pembentukan karakter generasi muda yang menjadi pilar utama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di masa depan. Mengingat setiap langkah yang kita ambil memiliki arti yang mendalam. Setiap usaha, setiap percakapan, dan setiap interaksi adalah kesempatan untuk menginspirasi, menguatkan, dan menciptakan perubahan positif. Silahkan adik-adik semua untuk membentuk diri, menciptakan karakter yang baik dan jalankan segala kegiatan yang telah dirancang dengan penuh semangat, ” urainya.

Lebih lanjut dikatakan melalui perekrutan tersebut, diharapkan Pramuka terus mengembangkan kemampuannya secara individu serta berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Mengingat juga Saka Bhayangkara tidak hanya sebuah organisasi, tetapi juga sebuah wadah yang berkomitmen untuk mengembangkan potensi diri, melayani masyarakat dan mengukir prestasi. 

"Saya percaya bahwa setiap anggota baru yang bergabung akan membawa semangat baru, kreativitas, dan dedikasi untuk menjadi bagian dari perubahan positif, ” pungkas Kak Widwan. Sad/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER