Suwirta Jenguk Mantan Kadus Kangin Penderita Tumor Mata

  • 26 Januari 2017
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3428 Pengunjung
suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta menjenguk penderita tumor mata, I Ketut Sutrawan (42). Ayah tiga orang anak ini mengalami sakit sejak lima tahun terakhir.

Kondisi I Ketut Sutrawan dipantau Bupati Suwirta, Kamis (26/1). Ditemui dikediamannya, Sutrawan hanya terbaring di rumahnya di Dusun Kangin, Desa Satra, Kecamatan Klungkung. Sesekali, ia duduk untuk bercakap-cakap. Akibat penyakitnya tersebut, mantan Kepala Dusun (Kadus) ini kini mengalami kebutaan.

Menurut istri Sutrawan, Pande Nengah Ariani, suaminya mengalami sakit sejak lima tahun lalu. Gejala awalnya yakni telinga suaminya berdengung. Lama-kelamaan, muncul benjolan. Oleh keluarga, Sutrawan sempat diajak ke rumah sakit Sanglah untuk diperiksa. Hasil diagnosa, Sutrawan dinyatakan mengalami tumor. “Gejala awalnya telinga suami saya berdengung,” ujar Ariani.

Lebih lanjut, Ariani menjelaskan penyakit suaminya semakin parah sekitar dua tahun belakangan. Dimana mata sebelah kiri suaminya semakin membesar hingga menutup bola mata dan sebelah kanan juga mengalami kebutaan. Selama ini, upaya penanganan hanya dilakukan dengan pengobatan tradisional. “Selama ini hanya mengandalkan pengobatan tradisional,” sebutnya.  

Melihat kondisi warganya seperti ini, Bupati Suwirta merasa prihatin. Bupati meminta aparat desa untuk segera membuatkan laporan. Laporan tersebut nantinya agar dikirim ke Dinas Sosial Klungkung untuk selanjutnya bisa didaftarkan di BPJS dan masuk daftar antrean. “Ini segera dibuatkan laporan dan dikirim ke Dinas Sosial sehingga bisa didaftarkan di BPJS,” ujar Bupati Suwirta dihadapan Perbekel Desa Satra, Ni Made Ratnadi. jul/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER