Sambut Adipura, Klungkung Bersolek

  • 07 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 1901 Pengunjung
suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com– Dalam rangka persiapan Kota Sehat Adipura 2016 – 2017, pemkab Klungkung mulai bersolek. Tujuannya menjadikan Klungkung menjadi kota yang bersih, lestari dan indah. Hal tersebut terkam dalam pengarahan yang dihadiri langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Anak Agung Kirana yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPPKA, senin (7/11/2016).

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Anak Agung Kirana menyampaikan sesuai ekspose Kota Adipura yang dilaksanakan oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali Nusra, Maka kota Klungkung dinyatakan perlu berbenah, dan terdapat beberapa masukan dari P3E Bali Nusra yakni, titik berat pada pengelolaan sampah sejak dari sumber (rumah, kantor, sekolah, dll) yang disebut dengan istilah nol Pembuangan (Zero Waste) yang mempunyai sesuai dengan amanat UU 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah,yakni bahwa setiap kota untuk melakukan pemilahan sejak dari sumber, meningkatkan pengiomposan sampah organic, memilah/memisahkan sampah non-organik untuk didaur ulang, untuk wilayah pasar, agar pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan cara pemilahan yang dilakukan oleh masing-masing pedagang dan dibuatkan sentra pengelolaan sampah dengan skala wilayah paasar serta dapat menjaga kebersihan lingkungan pasar, Untuk para Camat, Lurah, dan Kepala Desa agar memaksimalkan peranan Dasa Wisma dalam pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan. Untuk para Kepala Desa wajib untuk membuat Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST). 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meminta kepada Semua Pihak untuk mulai bergerak dan dimulai dari sekarang. “menjadi juara dalam Adipura bukan tujuan semata-mata akan tetapi yang lebih penting untuk menjadikan Klungkung yang bersih, lestari dan indah,” ujar Bupati Suwirta.

Dalam acara tersebut turut hadir seluruh Kepala SKPD Kabupaten Klungkung, Perbekel dan Kepala Sekolah sewilayah Klungkung daratan dan undangan lainnya. Jul/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER