PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Tiga Partai Tunggu Keputusan Pusat untuk Penetapan Ketua Fraksi di DPRD Tabanan

Rabu, 07 Agustus 2024

15:53 WITA

Tabanan

1355 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Tiga Partai Tunggu Keputusan Pusat untuk Penetapan Ketua Fraksi di DPRD Tabanan

Tabanan, suaradewata.com – Tiga partai pemenang Pemilu 2024, yaitu PDIP, Golkar, dan Gerindra, masih menunggu surat keputusan (SK) dari pengurus pusat masing-masing untuk menetapkan kader legislatif yang akan menduduki posisi ketua fraksi di DPRD Tabanan. Sesuai dengan hasil pemilu, PDIP mengantongi 31 kursi, sementara Golkar dan Gerindra masing-masing mendapatkan empat kursi.

I Nyoman Arnawa, anggota DPRD Tabanan yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPC PDIP Tabanan, mengungkapkan bahwa proses penentuan ketua fraksi masih berlangsung di internal partainya. "Penetapan belum dilakukan, saat ini masih dalam proses penunjukan atau penugasan," jelas Arnawa saat dikonfirmasi pada Rabu (7/8/2024).

Ia menambahkan bahwa keputusan mengenai siapa yang akan menjadi ketua fraksi akan ditentukan melalui rapat di sekretariat cabang partai. Namun, Arnawa enggan memberikan informasi lebih lanjut tentang nama kader PDIP yang akan dipilih, mengingat rapat masih akan dilakukan. "Saya tidak berani memberikan keterangan sebelum ada rapat. Mungkin rapat akan berlangsung minggu ini," tambahnya.

 

Hal serupa diungkapkan oleh I Putu Gede Juliastrawan, Ketua DPC Gerindra Tabanan, yang menyatakan bahwa penetapan ketua fraksi juga menunggu keputusan dari pengurus pusat. "Hingga saat ini, belum ada surat keputusan dari pusat," ujarnya.

Juliastrawan menjelaskan bahwa semua empat kader Gerindra yang terpilih di DPRD Tabanan memiliki potensi yang sama untuk menjadi ketua fraksi, yaitu dirinya sendiri, I Wayan Wiryadana, I Nyoman Gede Andika, dan Ni Nengah Sri Labantari. "Keputusan tetap ada di pengurus pusat. Proses ini bersifat top down," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Golkar Tabanan, I Made Asta Darma, menyatakan bahwa pengurus partai masih menunggu SK dari pengurus pusat. "Belum ada SK yang turun. Prosesnya dilakukan melalui usulan di rapat pleno," jelas Asta Darma tanpa merinci nama kader Golkar yang diusulkan.

Sebagai informasi, 40 anggota DPRD Tabanan baru saja dilantik pada Senin (5/8) lalu. Setelah pelantikan, mereka akan menentukan unsur pimpinan dewan secara definitif dan membentuk alat kelengkapan dewan, termasuk fraksi-fraksi yang kepemimpinannya ditentukan oleh masing-masing partai internal. ayu/yok


Komentar

Berita Terbaru

\