PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Ni Made Ratnadi, Srikandi Pertama Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Gianyar

Kamis, 12 September 2024

15:33 WITA

Gianyar

1682 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Ni Made Ratnadi, anggota DPRD Kabupaten Gianyar, sumber : dok sd.

Gianyar, suaradewata.com – Setelah melalui beberapa kali jadwal sidang sejak pelantikan anggota DPRD Kabupaten Gianyar periode 2024-2029, akhirnya 4 Fraksi ditetapkan dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten Gianyar, Kamis (12/9). Keempat fraksi yakni, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi Demokrat Bersatu.

Mundurnya pembentukan fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Gianyar, disebabkan oleh surat rekomendasi dari Partai Golkar terkait rekomendasi alat kelengkapan dewan, baru dikirmkan ke Sekretariat DPRD Kabupaten Gianyar, Rabu (11/9).

Dalam sidang yang dipimpin Ketua DPRD Gianyar sementara, I Ketut Sudarsana, dibacakan susunan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Gianyar yang berjumlah 32 orang dengan ketua fraksi, Ni Made Ratnadi wakil ketua, Ni Luh Suci Ningsih dan sekretaris fraksi, I Nyoman Kandel.

Menariknya, Ni Made Ratnadi merupakan srikandi pertama yang menjabat sebagai ketua fraksi di DPRD Kabupaten Gianyar. Periode sebelumnya yakni 2014-2019 dan 2019-2024, Ratnadi sempat 2 kali menjadi wakil ketua Fraksi PDI Perjuangan serta Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar. Ratnadi menjadi peraih suara terbanyak di dapil Blahbatuh dengan raihan 16.722 suara.

Fraksi PDI Perjuangan menjadi fraksi paling gemuk di DPRD kabupaten Gianyar. Pasalnya, partai besutan Megawati ini meloloskan 31 kadernya pada Pileg 2024. Selain itu, Fraksi PDI Perjuangan mendapatkan tambahan 1 anggota fraksi dengan bergabungnya Ngakan Ketut Putra dari Partai Perindo. Sehingga total Fraksi PDI Perjuangan berjumlah 32 orang, sementara jumlah kursi dewan sebanyak 45 kursi.

Kemudian Fraksi Partai Golkar yang beranggotakan 5 orang, diketuai oleh I Gusti Nyoman Sena. Fraksi Gerindra yang diketuai I Gusti Ngurah Agus Supriadi dengan anggota berjumlah 4 orang. Serta Fraksi Demokrat Bersatu yang diketuai Ida Bagus Gaga Adi Saputra. Partai Demokrat Bersatu merupakan fraksi gabungan antara Partai Demokrat yang berjumlah 3 orang dengan Partai Nasdem yang meloloskan 1 kadernya.

Sementara itu, calon unsur pimpinan DPRD Kabupaten Gianyar yang diajukan untuk ditetapkan yakni I Ketut Sudarsana (PDI Perjuangan) menjadi Ketua DPRD, I Made Suteja (Partai Golkar) menjadi Wakil ketua, Ketut Astawa Suyasa (Gerindra) menjadi Wakil Ketua dan Cokorda Gede Asmara Putra Sukawati (Demokrat) menjadi wakil ketua.

Ditemui usai sidang, Ni Made Ratnadi mengucapkan terima kasih pada pimpinan Partai PDI Perjuangan, terlebih dirinya seorang perempuan yang diberikan kepercayaan dari partai untuk memimpin rekan-rekan PDI Perjuangan yang duduk di legislative.

"Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan pada saya. Ini penghargaan bagi saya atas tugas yang diberikan. Terus terang, ini tugas yang tidak mudah, karena mewadahi 31 anggota. Beda dengan saat jadi ketua komisi kemarin. Kemarin 9 anggota. Tugas komisi itu leading sektornya jelas. Sementara ketua fraksi adalah menyangkut PDI Perjuagan untuk mewadahi anggotanya, menyuarakan kepentingan rakyat, dan menyalurkan aspirasi rakyat. Ini juga memperlihatkan bahwa PDI Perjuangan tidak memandang gender dalam mengemban tugas dan jabatan, seperti Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati" ujarnya.

Ratnadi pun menegaskan bahwa ia akan melanjutkan kepengurusan ketua fraksi sebelumnya, yaitu I Ketut Sudarsana yang kini menjabat Ketua DPRD Gianyar. gus/ari


Komentar

Berita Terbaru

\