PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Polres Tabanan Simulasikan Penanganan Kerusuhan untuk Antisipasi Pilkada 2024

Kamis, 15 Agustus 2024

09:39 WITA

Tabanan

1348 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Simulasi penanganan kerusuhan di Jalan Rama, depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Rabu (14/8/2024) sore

Tabanan, suaradewata.com – Untuk mengantisipasi potensi kerusuhan selama Pilkada 2024, Polres Tabanan melaksanakan simulasi penanganan kerusuhan di Jalan Rama, depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Rabu (14/8/2024) sore. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tabanan AKBP Chandra C. Kesuma.

Simulasi ini menggambarkan skenario Pilkada 2024 yang memicu ketidakpuasan dari salah satu kelompok masyarakat, hingga berujung pada demonstrasi. Dalam simulasi tersebut, Polres Tabanan yang didukung oleh unsur TNI, keamanan desa, dan desa adat, menjalankan prosedur pengamanan yang dimulai dengan pendekatan persuasif dan preventif.

“Kami mengawali penanganan dengan langkah persuasif, mengimbau dan mengajak massa untuk membubarkan diri. Namun, jika pendekatan ini tidak berhasil, kami siap mengambil langkah represif dengan mengerahkan pasukan Dalmas,” ujar Kapolres Chandra.

Dalam skenario represif yang disimulasikan, pasukan Dalmas dikerahkan untuk menghadapi demonstran yang melakukan perlawanan. Upaya ini bertujuan untuk memukul mundur massa hingga situasi dapat dikendalikan.

Simulasi ini merupakan bagian dari latihan sistem pengamanan kota (sispamkota) yang dirancang khusus untuk menghadapi tahapan Pemilu 2024. Menurut Kapolres Chandra, simulasi ini penting untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan selama Pilkada berlangsung. "Pengamanan akan melibatkan TNI serta keamanan desa dan desa adat," ungkapnya.

Selain simulasi, Polres Tabanan juga tengah melakukan kajian terhadap titik-titik yang dianggap rawan konflik. Kajian ini akan menentukan jumlah personel yang dikerahkan selama tahapan Pilkada, khususnya pada hari pencoblosan.

Kapolres Chandra menambahkan bahwa jumlah personel yang akan dikerahkan masih dalam tahap pengkajian. Namun, ia menegaskan bahwa pengamanan akan melibatkan seluruh personel Polres Tabanan dengan dukungan dari Polda Bali. ayu/adn


Komentar

Berita Terbaru

\