PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Masyarakat Perlu Tingkatkan Partisipasi Demi Sukseskan Pilkada 2024

Sabtu, 15 Juni 2024

14:23 WITA

Nasional

1168 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Pilkada

Oleh : Lukman Keenan Adar )*

 

Partisipasi masyarakat jelang Pilkada 2024 menjadi kunci utama dalam menyukseskan agenda nasional tersebut. Pasalnya, Pilkada bukan sekadar sebuah proses pemilihan, tetapi juga cerminan dari keberhasilan sistem demokrasi sebuah negara.

Dalam konteks ini, upaya untuk memperkuat partisipasi masyarakat menjadi sebuah panggilan moral dan tanggung jawab bersama. Dengan melibatkan lebih banyak warga dalam proses pengambilan keputusan politik, kita tidak hanya mengokohkan fondasi demokrasi, tetapi juga memastikan terciptanya pemimpin yang benar-benar mewakili dan mengabdi kepada kepentingan rakyat.  Oleh karena itu, perlu adanya langkah-langkah konkret untuk mengajak serta dan memberdayakan masyarakat agar turut berperan aktif dalam Pilkada 2024.

Partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 menjadi sorotan utama Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi Jawa Barat. Dengan intensitas sosialisasi yang ditingkatkan, mereka berupaya membangkitkan semangat partisipasi warga dalam pesta demokrasi yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Langkah ini merupakan wujud konkret dari komitmen bersama untuk memastikan proses demokrasi yang sehat, transparan, dan akuntabel di Kota Cimahi. Dalam konteks ini, peran serta masyarakat dianggap sebagai kunci keberhasilan, sebuah panggilan untuk bersama-sama mengawal dan mendukung kelancaran jalannya Pilkada.

Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, menekankan pentingnya dukungan serta partisipasi aktif dari semua pihak untuk menjaga agar Pilkada berjalan aman, damai, dan kondusif. Menurutnya, Pilkada 2024 bukan sekadar sebuah agenda rutin, melainkan momen krusial di mana masyarakat memiliki kesempatan untuk menyalurkan hak suaranya dalam menentukan pemimpin yang dianggap mampu mewakili aspirasi dan kebutuhan mereka.

Harapannya adalah terpilihnya pemimpin yang tidak hanya kompeten dan berintegritas, tetapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan Kota Cimahi secara keseluruhan. Untuk mencapai hal ini, perlu adanya keterlibatan aktif serta kontribusi berbagai elemen masyarakat.

Tidak hanya itu, peran Pemkot Cimahi juga terlihat dalam pembentukan Tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) Pilkada, yang bertugas mendukung kelancaran penyelenggaraan Pilkada serentak 2024.

Langkah ini sejalan dengan upaya untuk memastikan bahwa proses Pilkada berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar. Melalui sosialisasi dan edukasi yang intensif, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan menyadari betapa pentingnya peran serta mereka dalam menjaga jalannya demokrasi.

Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam Pemilu sebelumnya di Kota Cimahi mencapai 85,5 persen. Meskipun angka ini cukup tinggi, namun masih ada ruang untuk peningkatan dalam Pilkada 2024 mendatang. Hal ini menjadi salah satu fokus utama dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Pemkot Cimahi, yaitu untuk mendorong agar partisipasi masyarakat dalam Pilkada dapat melebihi angka tersebut.

Langkah serupa juga dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat, yang secara aktif terlibat dalam mensosialisasikan tahapan Pilkada serentak kepada masyarakat. Dengan menyasar sejumlah pasar dan tempat keramaian, KPU Lampung Barat berusaha untuk memberikan edukasi dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat terkait tahapan dan proses Pilkada. Melalui program Grebek Pasar, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memilih serta meminimalisir angka golput.

Ketua KPU Lampung Barat, Arip Sah, menegaskan bahwa program ini merupakan salah satu upaya efektif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi. Dengan memastikan bahwa masyarakat memahami tahapan dan prosedur Pilkada, diharapkan mereka akan lebih termotivasi untuk turut serta dalam pemilihan nanti. Upaya pendataan pemilih diharapkan dapat memastikan bahwa setiap warga yang memiliki hak suara dapat menggunakan haknya dengan baik.

Tidak hanya di Lampung Barat, namun upaya serupa juga dilakukan oleh KPU Papua Barat. Melalui peluncuran resmi Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur, KPU Papua Barat berupaya untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya peran serta mereka dalam proses demokrasi.

Dengan melibatkan semua pihak, baik dari KPU, parpol, maupun masyarakat secara luas, diharapkan Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan transparan, akuntabel, dan partisipatif.

Dalam merangkum perjalanan menuju peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024, satu hal yang menjadi jelas adalah betapa pentingnya peran aktif setiap individu dalam memperkuat demokrasi.

Melalui kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara, masyarakat telah menunjukkan komitmen mereka untuk turut serta dalam proses politik yang demokratis. Dari langkah-langkah sosialisasi hingga upaya edukasi yang intensif, telah tercipta momentum yang membangun semangat kolektif untuk menjaga integritas dan transparansi dalam Pilkada mendatang.

Pilkada 2024 bukan hanya menjadi ajang pemilihan, tetapi juga simbol dari kekuatan dan keberhasilan demokrasi kita. Melalui partisipasi yang kuat dan berkesinambungan, kita membuktikan bahwa masyarakat memiliki peran sentral dalam membentuk masa depan politik dan sosial negara ini. Oleh karena itu, mari kita jaga semangat ini terus berkobar, karena di tangan kita lah masa depan demokrasi kita berada.

 

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute


Komentar

Berita Terbaru

\