PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Apresiasi Upaya Program AMANAH Berikan Platihan Bagi Pemuda Gerakkan Prekonomian Daerah

Kamis, 13 Juni 2024

14:07 WITA

Nasional

1108 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

AMANAH Aceh

Oleh : Teuku Reza )*

 

Masyarakat mengapresiasi upaya dari program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) dalam memberikan berbagai macam bentuk pelatihan bagi para pemuda dan juga mampu menjadi inisiator serta menggerakkan perekonomian di daerah berjuluk Negeri Rencong tersebut.

Memang banyak sekali upaya dari program inisiasi Badan Intelijen Negara tersebut, yakni AMANAH kepada para generasi muda. Salah satunya adalah memang dengan pelatihan, seminar dan berbagai kegiatan positif lainnya.

Tujuan utama dari keberadaan program AMANAH sendiri memang untuk terus memberdayakan para pemuda bangsa agar mereka nantinya bisa menjadi penggerak perekonomian bagi daerah mereka secara berdikari.

Salah satu kegiatan sangat positif dari Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat adalah adanya pelatihan mengenai pembuatan parfum dari produk lokal unggulan di daerah berjuluk Serambi Mekkah itu, yakni Nilam.

Demi memastikan program tersebut Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh Azhadi Akbar S.Sn menyampaikan mendukung penuh dan bersedia untuk berkomunikasi dengan Komunitas di Prov. Aceh agar mendukung program “AMANAH Talent”.

Pelaksanaan pelatihan yang AMANAH gelar tersebut ternyata sukses sekali menarik banyak perhatian kaum muda, sehingga menjadikan puluhan orang anak muda dari Aceh dan berbagai daerah lain ikut serta selama 3 hari di Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh.

Seluruh peserta mendapatkan kesempatan dan pengetahuan serta keterampilan dalam industri parfum. Termasuk pula, mereka semua mendapatkan pemahaman akan konsep rencana usaha dan hilirisasi produk nilam serta bagaimana keterampilan dasar dalam membuat produk turunan nilam yang memiliki nilai komersial tinggi.

Salah satu narasumber dalam pelatihan, Syaifullah Muhammad memberikan apresiasi sangat tinggi pada Program AMANAH yang BIN inisiasi, lantaran menurutnya mampu menjadi penggerak akan ekonomi baru, khususnya pemberdayaan para anak muda di Aceh agar mereka bisa terjun ke dalam dunia bisnis termasuk menjadi startup.

Tidak cukup sampai di sana, namun program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat tersebut mampu menjadi gerakan ekonomi anak muda, khususnya dalam komersil produk lokal unggulan khas daerah berjuluk Serambi Mekkah tersebut, yakni produk nilam.

Sementara itu, CEO Minyak Pret, Daudy Sukma juga memberikan apresiasi sangat tinggi pada program inisiasi lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu. Menurutnya pelatihan yang AMANAH laksanakan adalah sebuah langkah sangat nyata atau konkret dalam mendukung penuh pemerintah dan membangun generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha.

Terlebih, menjadi sangat penting pula bagi anak muda Aceh saat ini untuk memanfaatkan produk lokal unggulan dari daerah mereka sendiri, lantaran bagaimana besarnya potensi bisnis dari produk turunan nilam itu, mengingat kini perkembangannya pada tren bisnis kosmetik menjadi semakin meningkat.

Apalagi produk turunan Nilam Aceh adalah menjadi bahan baku nilam terbaik di dunia. Sehingga generasi muda jangan sampai menyia-nyiakan besarnya potensi bisnis itu. Prediksi mengungkapkan bahwa bisnis kosmetik dan turunan nilam sendiri akan menjadi sangat booming dan luar biasa setidaknya pada sekitar 5 hingga 10 tahun ke depan.

Di sisi lain, salah satu peserta dalam pelatihan yang AMANAH laksanakan, Muhammad Rizaldi turut memberikan apresiasi sangat tingginya. Dirinya mengaku bahwa pelatihan AMANAH mampu memberikan kesempatan dan perencanaan generasi muda untuk terus mengembangkan produk lokal unggulan daerah mereka hingga menembus kancah dunia.

Selain itu, banyak sekali hal sangat bermanfaat yang para narasumber sampaikan dalam sesi pelatihan kepada para anak muda itu, utamanya adalah mengenai rancangan bisnis, kemudian bagaimana produksi atas bisnis dari nilam itu serta pemasarannya.

Beragam program latihan yang Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat jalankan ke depan tentu tidak hanya memberikan manfaat bagi para peserta yang hadir secara langsung saja, melainkan juga mampu mendatangkan dampak sangat positif serta signifikan bahkan bagi seluruh masyarakat di Negeri Rencong secara keseluruhan.

Realisasi program Youth Creative Hub Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) oleh BIN bertujuan untuk memfasilitasi seluruh pengembangan dalam segala potensi yang berada di wilayah itu.

Baik dari sumber daya manusia (SDM) hingga sumber daya alam (SDA), seluruhnya harus terus mendapatkan pengelolaan untuk kemudian daerah serta secara umum demi kepentingan nasional bangsa ini.

Gedung AMANAH bukan hanya sekedar bangunan fisik semata, melainkan juga menjadi wadah bagi para anak muda Aceh untuk terus mengembangkan seluruh potensi serta kreativitas mereka.

Dengan adanya berbagai macam fasilitas dan program dalam AMANAH tersebut, jelas mampu menjadi katalisator bagi kemajuan pada berbagai macam sektor, seperti perkebunan, pertanian, perikanan hingga teknologi dan pengembangan UMKM Serambi Mekkah.

Lantaran beragam upaya telah program AMANAH laksanakan seperti memberikan pelatihan bagi para pemuda demi menggerakkan perekonomian daerah di Aceh, maka seluruh kebermanfaatan secara positif tersebut mendatangkan apresiasi sangat tinggi dari masyarakat.

 

)* Penulis adalah mahasiswa STKIP An-Nur Nanggroe Aceh.


Komentar

Berita Terbaru

\