PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Menyucikan Pikiran, KMHDI Denpasar Siap Kawal Program Pemerintah

Sabtu, 25 Mei 2024

20:46 WITA

Gianyar

1353 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Pengurus PC KMHDI Badung setelah persembahyangan bersama di Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Rabu (23/5/24), sumber foto: ran/SD

Gianyar, suaradewata.com- KMHDI Ma-Dharma Yatra (sembahyang bersama) merupakan program yang dirancang sebagai proses refleksi dan menyucikan pikiran dan jiwa. Dalam kehidupan tentunya banyak sekali gelombang kehidupan yang kita lewati yang menyebabkan pikiran dan jiwa melelahkan.

Oleh sebab itu, PC KMHDI Denpasar merancang program baru secara khusus sebagai sarana untuk merefleksikan diri agar terciptanya ketenangan dalam mengelola organisasi.

Program Madaya atau KMHDI Madharma Yatra (sembahyang bersama) dan melukat untuk pertama kalinya dilaksanakan di Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Rabu (23/5/2024).

Ketua PC KMHDI Denpasar I Dewa Gede Darma Permana secara singkat menyampaikan bahwa program KMHDI Ma-Dharma Yatra telah dirancang dan disepakati bersama dalam rapat kerja (Rakercab) 13 PC KMHDI Denpasar.

"Sesungguhnya acara sembahyang bersama ini merupakan program kerja yang telah diusulkan oleh Bidang Litbang. Dan selanjutnya ditetapkan pada rapat kerja cabang kemarin,” ujar Dewa Permana.

Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) PC KMHDI Denpasar Panca Kusuma menjelaskan bahwa melukat diyakini sebagai proses pembersihan pikiran dan jiwa. Menurutnya dengan melukat manusia dapat terhindar dari pikiran negatif.

"Sudah menjadi ajaran yang lumrah dalam Hindu, bahwa melukat merupakan upacara pembersihan pikiran dan jiwa dalam diri manusia. Kegiatan melukat juga dapat menghindarkan diri kita dari segala aura negatif atau kesialan,” jelas Panca.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada Bidang Organisasi atas kerjasama dan kolaborasi yang baik sehingga program Ma-Dharma Yatra dapat terselenggara.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ketua bidang Organisasi yang telah membantu dan mau diajak bekerja sama dalam proker ini,” imbuhnya.

Menariknya Program KMHDI Ma-Dharma Yatra tidak hanya diikuti oleh anggota KMHDI saja melainkan terbuka untuk umum. “KMHDI Madaya dapat diikuti oleh semua orang, baik kader KMHDI maupun mahasiswa lainnya,” tandasnya.ran/adn


Komentar

Berita Terbaru

\