PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Lagi Asyik Mandi di Sungai, Bocah SMP Ini Temukan Benda Diduga Granat Aktif

Kamis, 19 Oktober 2023

06:00 WITA

Tabanan

1896 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Benda diduga granat aktif yang ditemukan bocah SMP di Desa Denbantas, Tabanan. (istimewa)

Tabanan, suaradewata.com - Sebuah benda diduga granat aktif ditemukan oleh seorang anak di  Sungai Yeh Sungai Yeh Empas wilayah Tibu Dawe, Banjar Adat Celuk, Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali, pada Rabu (18/10/2023) sekitar pukul 18.00 WITA. Anak yang menemukan benda itu sebelumnya bahkan sempat menggunakannya untuk bermain.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan jika sebelumnya sekitar pukul 14.00 WITA bocah kelas VII SMP itu sedang mandi di Sungai Yeh Empat bersama sejumlah temannya. Namun tiba-tiba saksi menemukan sebuah benda yang bentuknya agak aneh seperti buah nanas sehingga benda itu diambil saksi dan digunakan untuk bermain. Setelah mandi benda itu pun dibawa pulang.

Setibanya di rumah, saksi menunjukkan benda itu kepada pamannya dan paman saksi, I Ketut Darmadi terkejut karena bendannya menyerupai granat sehingga hal itu pun dilaporkan kepada Babhinkamtibmas Desa Denbantas serta Kelian Dinas Tuakilang Baleran.

Kapolsek Tabanan, AKP I Nyoman Sumantara menjelaskan bahwa laporan kepada Bhabinkamtibmas Desa Denbatas itu kemudian diteruskan ke Polsek Tabanan. Dimana pihaknya langsung turun ke TKP dan melakukan pengamanan terhadap benda diduga granat tersebut.

"Kita juga berkoordinasi dengan tim penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Bali yang tiba di TKP sekitar pukul 23.00 WITA. Benda itu kemudian dibawa ke tempat yang aman," ujarnya.

Pihaknya menduga jika benda diduga granat itu masih aktif karena kondisi pennya masih utuh namun gelang penarik sudah berkarat diduga karena lama berada ditempat yang lembab seperti sungai itu sendiri. "Dan penanganan lebih lanjut dilakukan oleh tim gegana Polda Bali sesuai SOP yang berlaku karena kami tidak berwenang melakukan tindakan lebih lanjut, kami hanya melakukan pengamanan TKP," pungkasnya.

Peristiwa itu pun sempat membuat heboh warga disekitar TKP, apalagi lahan kosong yang dijadikan tempat untuk mengamankan granat itu langsung dipasangi Police Line. Kapolsek Tabanan  bersama Wakapolres Tabanan dan jajaran pun malam itu juga ikut turun ke TKP. 

Selanjutnya benda diduga granat itu di disposal (dimusnahkan) Kamis pagi (19/10/2023) di Pantai Yeh Gangga. ayu/yok


Komentar

Berita Terbaru

\