PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Pimpin KTT AIS Tingkat Mentri, Menlu Retno Marsudi Ajak Negara Kepulauan Kompak

Selasa, 10 Oktober 2023

19:15 WITA

Badung

1288 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Pimpin KTT AIS Tingkat Mentri, Menlu Retno Marsudi Ajak Negara Kepulauan Kompak

Nusa Dua, suaradewata.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengajak Negara-negara kepulauan selalu kompak, hal itu diungkapkan Retno saat memimpin pertemuan tingkat menteri pada Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States) AIS Forum 2023 di Nusa Dua Convention Center, Bali, Selasa (10/10/2023).

"Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antar negara pulau dan kepulauan guna memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global," ucap Retno.

Pihaknya menekankan AIS Forum 2023 adalah momen yang tepat dalam melihat realitas dunia yang suram di tengah krisis perubahan iklim, kenaikan permukaan air laut, polusi laut, dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Menurutnya upaya untuk mengatasi krisis dunia masih sangat lamban. Persaingan, konflik global, dan ketidakpercayaan menjadi penghambat kerja sama global. “sehingga negara-negara yang kepulauan kecil, akan menjadi korban pertama," bebrnya.

Pihaknya menginginkan AIS Forum 2023 menjadi ajang menyamakan persepsi negara pulau dan kepulauan untuk bersatu dan bekerja sama.

"Oleh karena itu, kita semua sedang memilih alat yang tepat, memilih jalur kerja sama, solidaritas, dan inklusivitas yang tepat," katanya.

Retno berharao AIS Forum 2023 bisa menjadi kesempatan bagi negara pulau dan kepulauan untuk bersatu dan bekerja sama. "Kita semua sedang memilih alat yang tepat, memilih jalur kerja sama, solidaritas, dan inklusivitas yang tepat," katanya. Rls/bsc

 


Komentar

Berita Terbaru

\