PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Awas Cuaca Ekstrim, Longsor Disertai Serumpun Bambu Tumbang Timbun Jalur Buungan - Linjong

Jumat, 20 Januari 2023

21:30 WITA

Bangli

1657 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Upaya penanggulangan longsor di jalur Buungan - Linjong, Tiga, Susut, Bangli, Jumat (20/1). SD/Ist 

Bangli, suaradewata.com - Berkenaan dampak cuaca extrim yang masih melanda wilayah Bangli, kembali menyebabkan bencana tanah longsor. Sesuai laporan dari BPBD Bangli, pada Jumat (20/1/2023), bencana tanah longsor disertai serumpun bambu tumbang terjadi di ruas jalan  Buungan -Linjong, Desa Tiga, Susut. Dampaknya, akses lalu lintas di jalan tersebut terputus total lantaran volume material longsor yang cukup besar. 

Kalak BPBD dan Damkar Kabupaten Bangli, I Wayan Wardana didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik, Ketut Agus Sutapa saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan musibah tersebut. "Sesuai laporan yang kami terima, kejadian tanah longsor disertai serumpun bambu tumbang di jalur 

Buungan -Linjong, Desa Tiga, Susut terjadi pada Jumat dini hari akibat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat," ungkapnya. 

Untuk penanganannya, lanjut dia, telah mulai dilakukan siang tadi sekira pukul 12.30 wita. "Karena volume material longsor cukup besar menimbun jalan, penanganan baru bisa dilakukan siang tadi. Alat berat berupa loader dari dinas PU sudah kita turunkan. Sementara untuk bambu tumbang sudah ditangani oleh TRC BPBD dengan menggunakan mesin chain saw," jelasnya. 

Setidaknya diperlukan waktu dua jam untuk mengevakuasi dan menanggulangi material longsor disertai serumpun bambu tersebut. "Upaya penanggulangan telah selesai dilakukan pukul 14.00 wita. Saat ini, arus lalin sudah bisa berjalan normal," sebutnya. Sementara terkait ancaman dampak cuaca ekstrim yang masih berpotensi terjadi hingga sebulan kedepan, pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap waspada akan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. "Pastikan memperoleh perkembangan informasi terkait peringatan dini cuaca dari BMKG dan informasi mengenai penanggulangan bencana dari BNPB, BPBD, TNI, Polri dan lintas instansi lainnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," pungkasnya. ard/ari


Komentar

Berita Terbaru

\