PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

UP2K PKK Bangli Dibimtek, Ini Yang Ditekankan Bupati Made Gianyar

Senin, 30 Juli 2018

00:00 WITA

Bangli

2916 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)  merupakan salah satu alternatif untuk menopang perekonomian masyarakat dan  salah satu  program yang berpihak pada keluarga untuk  meningkatkan pendapatan melalui kelompok usaha  ekonomi produktif. Dalam hal ini, peran strategis PKK dalam menopang perekonomian keluarga dan pembangunan dirasakan mesti terus ditingkatkan. Salah satunya, dengan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek), Senin (30/07/2018).

Melihat peran penting Bimtek tersebut, Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum.,M.Kn langsung membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), yang diselenggarakan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bangli. Acara yang digelar di Gedung BMB Kantor Bupati Bangli diikuti oleh 31 peserta dari TP PKK Kabupaten Bangli.

Pada kesempatan itu, Bupati Bangli I Made Gianyar mengatakan, selama ini PKK di Kabupaten memiliki peran yang sangat penting dalam  bidang pembangunan. Mengingat peran yang strategis yang dimiliki PKK, melalui bimtek ini Bupati Made Gianyar berharap, kader TP PKK Kabupaten Bangli bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang 10 pokok program PKK, khususnya terkait dengan upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

Ditambahkannya, melalui UP2K pihaknya berharap ketahanan ekonomi keluarga di Bangli bisa meningkat.  Menurutnya, semua kegiatan PKK kuncinya ada di UP2K. “Kalau ini (UP2K) bisa berjalan dengan baik, pasti pintu untuk program lainnya akan terbuka lebar. Karena ekonomi memegang peranan vital dalam semua kegiatan”jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Made Gianyar juga mengingatkan, agar kader PKK bisa menghargai waktu. Menurutnya, ekonomi sangat berkaitan dengan waktu. Bagaimana kita memanfaatkan waktu 24 jam ini dengan baik. Karena kemampuan ekonomi seseorang sangat ditentukan oleh waktu. “Apakah waktu 24 jam ini lebih banyak kita gunakan untuk bekerja atau hanya untuk berdiam diri. Pengaturan waktu inilah yang akan menentukan kemajuan ekonomi seseorang”ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua I TP PKK Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta mengatakan, ada tiga tujuan utama dari kegiatan Bimtek UP2K. Pertama adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan dari TP PKK Kabupaten Bangli dalam melaksanakan pembinaan dan penilaian 10 pokok proram PKK, utamanya dalam pelaksanaan program UP2K. Kedua, tercapainya persamaan persepsi tentang kebijakan pemerintah serta gerakan pemberdayaan dan kesejateraan keluarga secara nasional, serta terwujudnya persatuan dan kesatuan sebagai perekat keutuhan keluarga.

Dijelaskan juga, kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)  merupakan salah satu alternatif untuk menopang perekonomian masyarakat dan  salah satu  program yang berpihak pada keluarga untuk  meningkatkan pendapatan melalui kelompok usaha  ekonomi produktif. “Kegiatan UP2K merupakan bagian dari kegiatan Pokja II PKK  dan merupakan salah satu prioritas program TP PKK Kabupaten Bangli”tutupnya.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\