PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Diverifikasi, Tim PKK Desa Awan Lolos Nominasi 6 Besar Tingkat Nasional

Rabu, 03 Mei 2017

00:00 WITA

Bangli

6235 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com – Setelah lolos ditingkat Kabupaten dan Provinsi, Kesatuan Gerak PKK KB Kes. Desa Awan  akhirnya diverifikasi oleh Tim Pusat sebagai Duta Provinsi Bali untuk Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kes. tingkat Nasional. Proses verifikasi tersebut, di pusatkan di Balai Masyarakat Desa Awan, Kintamani, Rabu (03/05/2017). Yang cukup membanggakan, Tim PKK Desa Awan sudah masuk nominasi enam besar secara nasional dalam perlombaan tersebut.

Saat itu, Tim Verifikasi Nasional beserta Rombongan yang datang dipimpin oleh Endang Budi Matini. Hadir pula saat itu, Bupati Bangli, Ketua Tim penggerak PKK Provinsi Bali, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kepala BPPKB Provinsi Bali, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bangli, Kepala BPPKB Kabupaten Bangli, Camat Kintamani, Perbekel dan Ketua Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Se-Kecamatan Kintamani.

Dalam laporannya, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Awan Ny. Sang Nyoman Putra Erawan menyampaikan gambaran umum desa Awan, terdiri dari dua Dusun dengan Jumlah penduduk sebanyak 290 KK atau 1.298 Jiwa. Dimana, Jumlah TP PKK Desa Awan sebanyak 21 orang dengan 14 Kelompok. Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, antara lain Pelatihan Kader PKK Yaitu (BKB, Posyandu, PHBS, TOGA, Hatinya PKK, Kader UPPKS, Kader Lansia) Penyuluhan PUP dan Triad KRR, Penyuluhan Ekonomi Produktif, Pembinaan orientasi kader kelompok dasa wisma tentang program KB dan program kesehatan, pembinaan keluarga pra KS, KSI pembinaan Kader tribina dan pembuatan APE, pendataan ibu hamil dan penerapan gotongroyong dan masih banyak lagi.

Keberhasilan yang telah dicapai antar lain juara I lomba Adipura Desa, Lomba penyuluh Hatinya PKK dalam rangka 10 Program PKK, juara Lomba Kader BKB, Juara lomba Posyandu, Juara Lomba pelaksana terbaik KG PKK KB Kesehatan tingkat Kabupaten dan Provinsi dan masih banyak lagi sehingga menghantarkan Desa Awan sebagai Duta Provinsi Bali. Verifikasi oleh Tim tingkat Nasional ini, merupakan tahap akhir penilaian untuk menyesuaikan antara portopolio dengan pelaksanan dilapangan agar bisa dipertanggung jawabkan.

Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.hum dalam sambutannya menyampaikan lolosnya PKK Desa Awan mewakili Bali ke tingkat nasional, merupakan pertanda kebaikan bagi masyarakat Bangli khususnya Desa Awan masa depan yang lebih baik. Dari sekian banyak prestasi yang diraih, Tim PKK Desa Awan juga telah berhasil masuk dalam 6 besar di tingkat nasional. “Hal itu merupakan suatu kebanggan bagi kita semua karena memang Desa Awan merupakan salah satu desa yang sangat serius dalam melaksanakan program-program yang memdukung kemajuan Kabupaten Bangli yang sesuai dengan Motto pembangunan Kabupaten Bangli yaitu Membangun Bangli Dari Desa dan Membangun Desa dari keluarga,” ungkapnya. Diharapkan, dengan verifikasi yang dilakukan oleh pusat saat ini, Desa Awan bisa menjadi yang terbaik untuk mewakili Provinsi dan Kabupaten Bangli secara nasional.

Sementara Ketua Tim Verifikasi Endang Budi Hartini menyampaikan, masuknya Desa Awan sebagai salah satu Nominasi 6 Besar tentunya bukan hal yang mudah. Hal itu, melalui banyak proses baik itu dari tingkat bawah sampai akhirnya berdasarkan Potopolio akhirnya bisa ada di nominasi tersebut. “Kedatangan tim kita adalah untuk melakukan pengecekan bagaimana kondisi dilapangan dengan portopolio yang telah kita terima sudah dilaksankan atau tidak sehingga nanti dapat kita lihat dilapangan,” ungkapnya.

Kata dia, persoalan yang kerap muncul dilapangan adalah masalah administrasi apakah yang dilakukan sudah dicatat atau belum. “Pencatatan secara administrasi salah satunya menjadi prioritas dalam verifikasi kita dilapangan” terang Endang. Secara keseluruhan, pihaknya mengaku sudah melihat semangat dari Tim Kesatuan Penggerak PKK KB Kesnya. Tetapi itu semua akan di putuskan nanti setelah verifikasi. "Untuk pengumuman pemenang, nantinya  akan dipusatkan dan diserahkan di Lampung," tegasnya.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\