PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

43 Regu Napak Tilas Panji Sakti Ramaikan Perayaan HUT Kota Singaraja Ke-412

Jumat, 25 Maret 2016

00:00 WITA

Buleleng

3213 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Buleleng, suaradewata.comSebanyak 43 regu menjadi peserta Napak Tilas Panji Sakti yang menjadi rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Singaraja Ke-412, Kamis (24/3). Kegiatan napak tilas yang diawali dari pelataran Pura Yeh Ketipa, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, di lepas oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG.

Kegiatan napak tilas sebagai salah satu dari rangkaian perayaan HUT Kota Singaraja tersebut dalam rangka untuk menjalin persatuan dan kebersamaan masyarakat Kabupaten Buleleng. Yang dalam perayaaanya hari jadi kota yang terletak di kabupaten terluas di Bali ini mengambil tema “Prestasi Untukmu Singarajaku”.

Dalam sambutan Bupati Buleleng yang diwakili Wabub Sutjidra mengatakan, acara napak tilas merupakan bentuk penghayatan dari perjalanan I Gusti Anglurah Panji Sakti ketika memasuki wilayah Desa Den Bukit (Sekarang Desa Panji). Yang dalam perjalanan tersebut merupakan sebuah awal serta cikal bakal berdirinya sebuah kerajaan besar yang menyatukan kawasan Bali Utara.

Pendirian kerajaan tersebut pun kemudian menjadi awal keberadaan Kota Singaraja pada 412 tahun silam. Yang dalam sejumlah sejarah dan cerita rakyat di bumi Panji Sakti tersebut, pembangunan kota Singaraja berlangsung dengan merambas hamparan tanaman jagung yang terkenal sebagai jagung khas Buleleng yakni Jagung gembal.

Dikatakan, tanpa jasa I Gusti Anglurah Panji Sakti maka tidak mungkin Kota Singaraja akan tegak berdiri. Sehingga, kegiatan napak tilas dianggap sangat penting untuk diikuti oleh generasi muda di kawasan Bali Utara.

Plh Dinas Pendidikan Buleleng I Made Ngadeg,S.Pd. M.Pd yang bertindak selaku ketua panitia Napak Tilas Panji Sakti mengatakan, kegiatan napak tilas ini digelar untuk eningkatkan apresiasi pemuda Buleleng terhadap sejarah lahirnya kota Singaraja.

''Pesertanya kami tentukan dari pelajar dan organisasi kepemudaan yang ada di Buleleng agar tahu bagaimana perjalanan  Ki Barak Panji Sakti dari Klungkung ke Den Bukit, lebih lanjut  mereka  tahu terhadap lahirnya kota Singaraja,'' ucap Made Ngadeg.

Usai melepas peserta, Wabup Sutjidra mengungkapkan keberadaan peserta yang mengikuti kegiatan Napak Tilas semakin bertambah setiap tahun perayaan HUT Kota Singaraja. Yang bukan hanya diikuti oleh kelompok pelajar, namun selalu mendapatkan warna baru dengan hadirnya sejumlah organisasi kepemudaan lain di dalam masyarakat yang turut memeriahkan kegiatan tersebut.

“Saya atas nama Pemkab Buleleng mengapresiasi peserta napak tilas yang setiap tahunya terus meningkat dan untuk panitia Napak Tilas Panji Sakti agar tahun depan besaran hadiahnya ditingkatkan,'' pungkas Sutjidra. adi


Komentar

Berita Terbaru

\