Rutin Konsumsi Ikan, Dijamin SDM Akan Meningkat

  • 19 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1718 Pengunjung
istimewa

Denpasar, suaradewata.com - Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengingatkan masyarakat bahwa mengkonsumsi ikan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecerdasan seseorang.

Bahkan ditegaskan Putri Koster dengan mengkonsumsi ikan secara rutin sejak dini, kualitas SDM (sumber daya manusia) juga akan meningkat.

“Kualitas SDM sangat dipengaruhi oleh kecerdasan dan kesehatan, sehingga SDM yang sehat, cerdas dan produktif ini akan mendorong proses pembangunan yang baik sehingga tingkat perekonomian meningkat,” ungkap wanita yang akrab disapa Bunda Putri saat menghadiri acara 'Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan melalui PMTAS dan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi' di Taman Budaya Art Centre, Senin (19/8) Denpasar.

Bunda menambahkan bahwa manfaat mengkonsumsi ikan sangat besar. Selain meningkatkan kecerdasan otak, mengkonsumsi ikan secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit seperti jantung dan kolesterol. Selain itu, kandungan yodium dalam ikan bisa mencegah penyakit gondok. 

“Tapi ikan yang dipilih harus segar, jangan yang ada pengawetnya atau ikan yang diawetkan karena ini akan percuma dan bahkan bisa merusak kesehatan kita”, ucapnya.

Ditambahkan pula, tingkat kecerdasan dan pertumbuhan anak sangat ditentukan pada 1.000 hari pertama kehidupan, termasuk sejak masih dalam kandungan. Untuk itu, kepada semua masyarakat Bali terutama ibu-ibu, agar membiasakan diri rutin mengonsumsi ikan sejak hamil hingga menyusui.

Pada kegiatan ini dimeriahkan oleh berbagai macam lomba menangkap ikan yang diikuti oleh siswa-siswi dari SD N 14 Dangin Puri, SD N 23 Dangin Puri, SD N 24 Dangin Puri dan SD N 26 Dangin Puri.rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER