Penyediaan Air di IKN Terapkan Smart Water Management System

  • 08 Mei 2024
  • 16:20 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1108 Pengunjung

Oleh: Gavin Asadit

Penyediaan air di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menerapkan prinsip smart water management system untuk penyediaa air minumnya serta pengelolaan air limbah domerstik dan persampahan di sana.

Kepala Sub Direktorat Wilayah I Direktorat Sanitasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sandhi Eko Bramono menjelaskan bahwa teknologi berupa smart water management system tersebut menggunakan data terkini secara real time, sehingga semakin memudahkan untuk mengukur kuantitas, kualitas hingga efisiensi penggunaan air.

Bukan hanya itu, namun dengan penggunaan teknologi smart water system itu mampu memudahkan pemantauan keamanan akan infrastruktur sumber daya air, penanganan risiko bencana alam yang berkaitan dengan air, seperti banjir da kekeringan.

Terlebih, air yang diperoleh untuk kebutuhan di IKN Nusantara sendiri juga merupakan potable water, yakni merupakan penyediaan air minum mulai dari perencanaan sumber air baku, transmisi air baku dari intake ke instalasi pengolahan air (IPA), teknologi IPA yang efektif, transmisi air olahan (air minum) dari lokasi IPA ke reservoir sampah distribusi air minum kepada masyarakat dan daerah pelayanan.

Sebagaimana dalam Lampiran Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Rencana Induk IKN, pengelolaan sumber daya air perkotaan memang bertujuan untuk memberikan keamanan akan akses air minum yang andal, sistem sanitasi yang layak, perlindungan sumber air dari polusi dan juga pengurangan risiko banjir dalam satu sistem pengelolaan air terpadu.

Strategi pengelolaan air secara terpadu untuk melayani IKN sendiri diperlukan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan dan kendala yang akan dihadapi oleh pembangunan Ibu Kota Negara tersebut.

Pendekatan pengelolaan air secara terpadu yang menggabungkan pengelolaan penggunaan aor, limpasan air hujan dan pengolahan air limbah, dengan mengadopsi pendekatan terintegrasi antara sistem pengelolaan air secara tradisional.

Seluruhnya bertujuan untuk semakin meningkatkan efisiensi sumber daya secara keseluruhan dengan pertimbangan yang cermat dalam penggunaannya, dan juga kontribusinya dalam sistem ekonomi dengan tetap menghormati batasan alam.

Hasil utama pemanfaatan pengelolaan air terpadu itu adalah mampu menyediakan akses yang aman dan andal atas air minum, sanitasi yang efektif, serta mampu melindungi saluran air dari polusi.

Sederhananya, nanti air keran yang digunakan di IKN Nusantara akan memiliki kualitas air minum, jadi air yang keluar bisa langsung diminum. Hal tersebut terjadi lantaran penggunaan sejumlah teknologi canggih.

Menurut Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Dijital Orotita IKN (OIKN), Muhammed Ali Berawi bahwa untuk mengontrol seluruh pengelolaan air dengan kualtas yang aman untuk bisa dinimun dan digunakan, maka Supervisor Control and Data Acquisition (SCADA) juga memungkinkan untuk kontrol secara jarak jauh.

Sehingga mulai dari Bendungan Sepaku Semoi sampai dengan Sepaku Intake kemudian masuk ke IPAL, instalasi pengolahan air, selanjutnya masuk ke jaringan pipa air minum, masuk ke reservoir wilayah KIPP, kemudian masuk ke jaringan air minum ke gedung-gedung. Seluruhnya dilakukan melalui pemanfaatan teknologi smart water management system.

Selain itu, untuk terus menjaga kualitas dan kuantitas air, maka terjadi pula penggunaan teknologi smart water quality monitoring. Lalu untuk mengontrol seluruh kebutuhan air di IKN akan digunakan teknologi smart water metering.

Semua teknologi tersebut jelas sangat membantu, karena ada pula teknologi yang sensornya mampu mengetahui kualitas dari airnya, termasuk bagaimana seluruh zat yang terdapat di dalam air tersebut. Pemanfaatan semua teknologi sangat canggih tersebut sangat memudahkan bagi seluruh pihak, termasuk pemerintah untuk melakukan pengelolaan air minum.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna Safitri, menggarisbawahi pentingnya pengelolaan air dalam pembangunan IKN. IKN diharapkan menjadi “kota spons” atau “water resilience city,” di mana pengelolaan air menjadi kunci utama.

Konsep tersebut mengacu kepada kota yang mampu mengelola air dengan sangat baik, termasuk juga menyimpannya dan mengalirkannya sesuai dengan kebutuhan seluruh penduduk di wilayah itu.

Tentu saja kondisi wilayah di IKN Nusantara memiliki sumber air yang sangat melimpah, dan kunci keberhasilan akan penggunaan teknologi serta arah kebijakan yang tepat adalah dalam pengelolaan air.

Bahkan bagi IKN sendiri, persoalan air menjadi sangat penting karena pemerintah ingin membangun ibu kota sebagai water resilience city, sehingga wilayah tersebut sebagai kota sons sebagaimana telah tertuang dalam beberapa peraturan perundang-undangan termasuk juga perencanaan induk.

Smart water management system yang diterapkan dalam IKN Nusantara memang menjadi sebuah terobosan yang sangat inovatif dari Pemerintah Republik Indonesia sehingga menghadirkan sebuah gebrakan dalam membangun ibu kota yang sangat canggih bahkan patut dicontoh oleh berbagai negara lainnya.

 

)* Penulis adalah Pemerhati Masalah Sosial dan Kemasyarakatan


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER