PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Tiga Paslon Resmi Daftar Ke KPU Bangli, Sama-sama Optimis Menang

Kamis, 29 Agustus 2024

21:32 WITA

Bangli

1466 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Tiga Paslon saat melakukan pendaftaran di KPU Bangli, Kamis (29/8) SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Hari terakhir masa pendaftaran di KPU Bangli, dipastikan tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bangli resmi mendaftar, Kamis (29/8/2024). Pendaftaran diawali oleh Paslon petahana, Sang Nyoman Sedana Arta - I Wayan Diar (Sadia) yang datang sekitar pukul 11.00 wita di KPU dengan diiringi ribuan massa yang dikemas dengan parade budaya. Titik kumpul massa di Alun-alun Bangli. 

Sebelum menuju KPU, kegiatan diwali dengan pementasan pragmentari serta deklarasi Paslon Sedana Arta-Diar. Selanjutnya, sekaa seni seperti Sekaa okokan, barong dan lainnya yang telah berkumpul sejak pagi begerak dari Alun -Alun menuju KPU. Paket Sedana Arta dan Diar pun ikut berjalan kaki dalam rombongan parade seni tersebut dan tiba di kantor KPU Bangli sekitar pukul 11.00 wita.

Sementara pantauan arus lalu lintas di Kota Bangli sejak pagi agak terganggu. Akibatnya Polres Bangli melakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Kota Bangli. Ratusan personel Polres Bangli tampak melakukan pengamanan dari titik kumpul hingga ke KPU Bangli.

Usai pendafataran, Sedana Arta menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Parpol pengusung maupun pendukung serta masyarakat Bangli atas kepercayaannya. Hal ini tentunya tidak hanya masalah suara tetapi juga semangat juang dan rasa jengah untuk pembangunan Bangli. “Dukungan ini tidak saja dari kader PDIP saja tetapi parpol lainnya yang melihat perubahan positif di Kabupaten Bangli,”tegasnya.

Saat itu, Sedana Arta didampingi Wayan Diar kembali minta mohon doa restu dan dukungan masyarakat guna melanjutkan pembangunan Bangli ke depan. "Saya dan Wayan Diar mohon doa restu untuk melanjutkan pembangunan Bangli ke depan.”ucapnya. Terkait target kemenangan, Ketua Pemenangan paket Sadia, Nyoman Budiada Utama mematok diangka 75 persen. Alasannya, lantaran berstatus incumbent dan programnya sudah banyak dirasakan masyarakat.

Selanjutnya sekitar pukul 14.05 wita, Paslon IB Gede Giri Putra - I Made Subrata (Giri Brata) tiba di kantor KPU Bangli. Pendaftaran Paslon yang diusung partai Gerindra, Nasdem, PSI dan PKN ini, juga diiringi ribuan massa. Titik kumpul massa di wantilan Puri Agung Bangli untuk kemudian berjalan kaki menuju kantor KPU Bangli. Setidaknya ada sekitar 1.500 massa, yang terdiri dari pengurus dan simpatisan partai pengusung dan relawan. Selain itu juga dimeriahkan dua sekae baleganjur. Tampak juga saat itu, mantan Bupati Bangli I Made Gianyar yang juga kakak kandung Made Subrata. 

Usai pendafataran, IB Giri Putra mengatakan pihaknya secara de yure dan de facto telah melengkapi pendaftaran. "Setelah ini, kami tinggal menunggu informasi dari rumah sakit yang ditunjuk untuk melakukan test kesehatan," ujar Mantan Sekda Bangli ini. 

Terkait ribuan massa yang turut datang, kata dia, karena dilandasi semangat untuk melakukan perubahan di Kabupaten Bangl. Lebih lanjut, pihaknya tidak mau sesumbar menyebutkan angka target kemenangan. "Setiap calon harus optimis. Untuk target-target, yang terpenting yang kami harapkan adalah menang," ujarnya. Menurutnya, dengan situasi putusan MK, maka peta politik akan terus dinamis. "Kami tidak mau melebih-lebihkan dulu. Seiring sosialisasi yang akan kita lakukan terkait program-program perubahan untuk Bangli yang lebih baik kami yakin menang," tandasnya. 

Sementara berbeda dengan kedua Paslon sebelumnya, paket yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat, yakni Raden Cahyo dan I Gusti Made Winuntara (Santuy) datang ke KPU Bangli sekitar pukul 18.30 Wita. Paslon yang juga ingin menjadikan kabupaten Bangli lebih ini, datang ke KPU dengan mengendarai kendaraan. Mereka datang dengan jajaran pengurus partai pengusung dan sejumlah simpatisan. Setelah sehari sebelumnya sempat gagal mendaftar karena proses pengunggahan persyaratan di aplikasi Silon KPU yang belum tuntas, akhirnya kini sudah bisa diatasi. Sehingga Paslon Raden Cahyo - Winuntara kini secara resmi sudah siap ikut tarung meramaklan Pilkada Bangli.

Disisi lain, Ketua KPU Bangli I Kadek Adiawan menegaskan dalam Pilkada Bangli ada tiga bakal paslon yang mendaftar. Pasca pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan masing-masing Paslon. "Dari tiga rumah sakit yang direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan, pemeriksaan kesehatan Paslon dilakukan di rumah sakit Bali Mandara, karena peralatan lebih lengkap," ujarnya. Sesuai rencana, pemeriksaan kesehatan Paslon Sedana Arta - Diar dijadwalkan, Jumat (30/8) besok. Paslon Giri-Brata dilakukan pemeriksaan kesehatan pada Sabtu (31/8). Sedangkan pemeriksaan. kesehatan Paslon Raden Cahyo - Winuntara akan dilakukan Senin (1/9). ard/adn


Komentar

Berita Terbaru

\