PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Tabanan Bersiap Data Digital Tabanan Era Baru

Sabtu, 10 Desember 2022

19:20 WITA

Tabanan

1729 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M sesaat setelah Upacara Peringatan HUT Ke-529 Kota Tabanan di halaman depan Kantor Bupati Tabanan.

Tabanan, suaradewata.com – Diera modern memanfaatkan teknologi Big Data, khususnya dari segi pengelolaan data sangat mendesak dibutuhkan Kabupaten Tabanan.  Hal ini dalam upaya mendukung Visi Kabupaten Tabanan “Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru : Aman, Unggul, Madani (AUM)”. Selain itu juga dalam upaya membangun pelayanan publik yang terpadu, efektif, responsif, adaptif, dan mudah diakses oleh masyarakat serta memberikan ruang partisipasi masyarakat dalam turut serta penyusunan kebijakan dan program pembangunan.

Atas dasar tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabanan merancang project leader Data Digital Tabanan Era Baru (Strategi Pemusatan Data Desa Presisi Guna Desa dalam mewujudkan Rencana Pengembangan Kawasan Pedesaan Desa Wisata Kerambitan Terintegrasi (RPKP Dewi Sri) di Kecamatan Kerambitan. Diharapkan dengan proyek perubahan ini maka RPKP Dewi Sri dapat terwujud serta indeks SPBE Kabupaten Tabanan dapat meningkat.

Dipilihnya Kecamatan Kerambitan, lantaran  merupakan salah satu dari sepuluh kecamatan di Kabupaten Tabanan dengan luas wilayah 5% dari luas wilayah total kabupaten atau 42,39 km2. Kedudukan Kecamatan Kerambitan di Kabupaten Tabanan sangatlah strategis karena merupakan salah satu kecamatan penyangga ibu kota Kabupaten Tabanan. Kecamatan Kerambitan terbagi dalam 15 wilayah desa dinas. Perkembangan sektor pariwisata berbasis pertanian di Kecamatan Kerambitan belum diikuti oleh struktur industri pariwisata yang kuat sehingga saat ini belum dapat memberikan dampak yang lebih besar kepada sektor pariwisata. Hal tersebut disebabkan oleh kurang optimalnya integrasi antara sektor pariwisata dengan sektor terkait lainnya, serta integrasi sektor wisata di antara desa-desa di Kecamatan Kerambitan termasuk belum terintegrasinya data Sistem Informasi Desa secara baik dan lengkap.

Kepala Dinas Kominfo Tabanan, Putu Dian Setiawan mengatakan saat ini banyak desa-desa di Tabanan sudah menerapkan Data Digital, namun masih belum terkoneksi antara satu dengan yang lainnya. Sehingga hal inilah yang membuatnya mencoba menarik inovasi itu ke tingkat kabupatan. “Beberapa desa sudah menerapkan data digital, nah inilah yang coba kita integrasikan tentunya bekerjasama dengan PMD kabupaten Tabanan dan OPD Terkait lainnya guna mempercepat Integrasi Data Sistem Informasi Desa Di 10 kecamatan ang pada akhirnya terintegrasi menjadi satu Data Indonesia Kabupaten Tabanan Yang merupakan big data Tabanan sebagai Cerminan Keberhasilan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” bebernya.

Adapun outputnya nanti adalah Data digital Tabanan Era Baru  yang merupakan satu data terintegrasi data Desa Presisi Guna Desa di Kabupaten Tabanan. Dengen demikian outcomenya Pengambil Kebijakan Mendapatkan data Desa Presisi guna  Desa dalam pengambilan kebijakan strategis kedepannya sehingga tepat sasaran. “Dengan Data Digital Tabanan Era Baru, akan memudahkan pimpinan dalam mengambil kebijakan strategis kedepannya,” ucap mantan Kabag Humas Pemkab Tabanan tersebut.

Dalam memanfaatkan teknologi Big Data, pihaknya menggunakan pilot project di sejumlah desa seperti di kecamatan Kediri sudah ada di 5 (lima) desa dan di kecamatan Kerambitan sebanyak 15 (lima belas) desa.

Khusus di kecamatan Kerambitan merupakan salah satu kecamatan penyangga ibukota kabupaten Tabanan dimana perkembangan sektor pariwisata berbasis pertanian di Kecamatan Kerambitan belum diikuti struktur industri pariwisata yang kuat, sehingga belum dapat memberikan dampak lebih besar kepada sektor pariwisata.

“Ini bukti kurang optimalnya integrasi sektor pariwisata dengan sektor terkait lainnya, serta integrasi sektor wisata di antara desa-desa di Kecamatan Kerambitan termasuk belum terintegrasinya data Sistem Informasi Desa secara baik dan lengkap. Inilah yang coba akan kami bangun,”ucapnya.

Dipihak lain Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd. mengatakan perjalanan panjang Pemerintah Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan dalam hal inovasi Desa akhirnya membuahkan hasil. Tepat di puncak hari Ulang Tahun Ke-529 Kota Tabanan (29/11/2022) Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabanan mengumumkan dan menetapkan Desa Kukuh Kerambitan sebagai Desa Terbaik dalam Inovasi Pelayanan Pemerintahan Desa se-Kabupaten Tabanan. Atas capaian tersebut Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi dan tanda penghargaan kepada Pemerintah Desa Kukuh Kerambitan yang diserahkan langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M sesaat setelah Upacara Peringatan HUT Ke-529 Kota Tabanan di halaman depan Kantor Bupati Tabanan.

Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd menyatakan bahwa atas capaian dan penghargaan yang diterima kali ini merupakan sebuah apresiasi dan motivasi bagi Pemerintah Desa Kukuh Kerambitan untuk tetap menjaga irama dalam berinovasi demi peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat di Desa Kukuh Kerambitan. "Penghargaan ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat Desa Kukuh Kerambitan dan tentunya menjadi motivasi bagi kami untuk selalu berinovasi dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan di Desa sehingga pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat itu menjadi semakin berkualitas, efektif dan tidak menyusahkan masyarakat. Bagi kami inovasi adalah suatu keharusan, karena tuntutan era ke depan semakin menantang kita untuk berinovasi atau akan punah. Kami mungkin belum seberapa saat ini, tapi kami akan berusaha selalu untuk menjadi lebih baik" imbuh Perbekel yang akrab disapa Manwidhi ini.

Saat ini, sejak September 2022 Pemerintah Desa Kukuh berkolaborasi dengan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) melalu Program MBKM sedang membangun Perpustakaan Digital Sumber Terbuka sebagai media literasi dan pengetahuan bagi masyarakat. "Sejak September 2022 lalu kami bersama Mahasiswa MBKM INSTIKI sedang membangun sebuah Perpustakaan Digital dengan Sumber Terbuka dan target kami di Tahun 2023 nanti barang ini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pusat literasi dan pengetahuan yang dapat diakses secara gratis melalui alamat https://perpustakaan.kukuh.desa.id dimana dan kapan pun juga" jelas Perbekel Widhi Adnyana. Gin/rls

 


Komentar

Berita Terbaru

\